Monday, August 23, 2021

Migrasi Rekening

Terakhir ke Bank BRI Syariah adalah pada bulan Mei 2021 lalu, yaitu saat melakukan penggantian Kartu ATM Magnetic Stripe menjadi Debit Chip. Hal ini sesuai dengan imbauan Bank Indonesia yang telah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debet.

Senin, tanggal 23 Februari 2021, pukul 08.30 kemarin aku melakukan menabung rutin hasil dari saving ala Power 20 Ribu. Setelah menabung, aku diingatkan oleh Teller agar segera ke CS untuk mengganti atau migrasi buku tabungan dan kartu ATM dari BRI Syariah ke BSI. 

Namun aku urungkan, karena nomor antrian CS khusus migrasi sudah ke-30.

Selasa pagi, tanggal 24 Februari 2021, pukul 05:30 jadwal rutin aku lari pagi dari rumah ke alun-alun. Dan saat melewati bank BSI ex bank BRI Syariah, aku melihat dan menanyakan satpam bank tersebut mengenai nomor antrian untuk CS migrasi. Dan ternyata aku mendapatkan nomor 03 untuk antrian tersebut.

Setelah menunggu sekitar 30 menit, pada pukul 08.30, proses migrasi akhirnya sedang diproses sekaligus mengaktifkan BSI Mobile. Dan ga sampai 30 menit, akhirnya proses migrasi di CS dan pengaktifkan pin ATM di Teller selesai.

Migrasi ini sebagai bagian dari proses integrasi operasional cabang, layanan, dan produk secara nasional mulai 1 Februari 2021 sampai 30 Oktober 2021. BSI menargetkan pada 1 November 2021, seluruh jaringan Bank Syariah Indonesia bisa terintegrasi. Sehingga, sampai akhir 2021 sebanyak 100% dari total nasabah akan memiliki akun di sistem baru BSI.

Jadi, pemilik rekening PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BRI Syariah dan BNI Syariah saat ini sedang melakukan program migrasi rekening. Nomor rekening nasabah jika di bawah 10 digit akan diubah, tapi yang nomor rekeningnya 10 digit seperti BRI Syariah tidak berubah nomor rekeningnya. Berikutnya menyusul Bank Syariah Mandiri.

Nomor rekening nasabah legacy BNI Syariah dan BRI Syariah tidak mengalami perubahan saat termigrasi otomatis. Untuk rekening ex-BRIS dan ex-BNIS yang terdiri dari 9 digit, hanya ditambahkan angka 0 di belakang nomor rekening.

Jika nasabah tidak melakukan migrasi, maka akan dilakukan auto migrasi atau migrasi secara otomatis. Pada auto migrasi nanti kartu debet sementara tidak bisa dipakai dulu, dan harus ke kantor Cabang untuk mengaktifkan atau mengganti kartu debet tersebut.

Para nasabah bisa melakukan migrasi rekening dengan dua cara, yaitu dengan cara daring atau dengan menggunakan aplikasi BSI Mobile maupun hadir langsung ke kantor cabang Bank Syariah. Dikutip dari bsimobile.co.id, hal yang perlu dilakukan oleh para nasabah tersebut adalah mengaktifkan BSI Mobile sebagai tanda ingin mengaktifkan Rekening di sistem BSI. 

BSI (Bank Syariah Indonesia) tetap memiliki kode IDX: BRIS, merupakan bank hasil merger anak perusahaan BUMN bidang perbankan diantaranya Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia.

Bank Syariah Indonesia mendapat izin dari OJK dengan Nomor: SR-3/PB.1/2021 tanggal 27 Januari 2021 perihal Pemberian Izin Penggabungan PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah ke dalam PT Bank BRIsyariah Tbk serta Izin Perubahan Nama dengan Menggunakan Izin Usaha PT Bank BRIsyariah Tbk Menjadi Izin Usaha atas nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk sebagai Bank Hasil Penggabungan.

Adapun komposisi pemegang saham BSI terdiri atas PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebesar 51,2%, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (25,0%), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebesar 17,4%, DPLK BRI - Saham Syariah (2%), dan publik (4,4%)


Sumber:

https://m.bisnis.com/amp/read/20210611/231/1404128/selain-rekening-ini-dampak-migrasi-ke-bsi-bagi-nasabah-bni-syariah-bri-syariah

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/08/180000465/nasabah-ini-yang-terjadi-jika-tak-lakukan-migrasi-rekening-bsi

https://m.bisnis.com/amp/read/20210611/90/1404383/ini-cara-migrasi-rekening-nasabah-bri-syariah-dan-bni-syariah-ke-bsi-melalui-online

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/12/095600565/rekening-termigrasi-otomatis-ke-bsi-apakah-nomor-rekening-berubah

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bank_Syariah_Indonesia

No comments:

Post a Comment

Related Posts