Monday, August 9, 2021

Petty Cash

Kas kecil adalah aset keuangan yang digunakan untuk keperluan pengeluaran dalam jumlah kecil. Entitas tidak menggunakan cek karena tidak efisien. Jika ukuran entitas dan kebutuhan pengeluaran jumlah dana kas kecil besar, akan dibentuk kas kecil dalam jumlah besar.

Kas kecil juga disebut dengan Petty Cash. Petty cash adalah bisa diartikan sebagai sejumlah kecil uang yang memang disiapkan oleh perusahaan untuk digunakan pada saat ada pengeluaran kecil. Biasanya dari sejumlah kecil uang yang disiapkan ini nantinya digunakan ketika ada transaksi mendadak atau rutin yang diperlukan perusahaan. 

Dalam kegiatan bisnis salah satu hal penting yang menjadi faktor krusial penentu keberhasilan adalah manajemen keuangan salah satunya adalah mengatur Petty cash. Sebagai bagian dari manajemen keuangan, maka pengelolaan keuangan harus dibangun dengan baik oleh para pekerja dari divisi keuangan.

Termasuk pengeluaran perusahaan yang tergolong sebagai transaksi kecil tapi kuantitasnya banyak. Seringkali karena nominalnya yang kecil, pengeluaran tersebut tidak diperhatikan dan menyebabkan masalah serius.

Ciri khas dari petty cash adalah jumlah nominalnya yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen perusahaan dalam jumlah tertentu atau terbatas.

Tujuan dari petty cash adalah untuk menghindari prosedur yang sangat tidak efisien dan tidak ekonomis ketika ada pengeluaran yang diperlukan secara mendadak dalam nominal yang relatif kecil. Sehingga memudahkan karyawan ketika hendak melakukan pelayanan maksimal. Termasuk juga dalam rangka mempercepat realisasi sebuah aktivitas yang membutuhkan dana dengan cepat dan mendadak tanpa pernah direncanakan sebelumnya.

Dokumen yang diperlukan untuk pencatatan petty cash adalah Bukti Kas Keluar, Permintaan Pengeluaran Kas Kecil, dan Bukti Pengeluaran.

Meskipun merupakan kas kecil, namun pencatatan dalam pembukuan petty cash, harus dilaksanakan dengan tertib dan rapi, sebagai bagian dalam membangun usaha dan menggabungkan semua anggaran untuk kebutuhan dalam usaha. Agar tidak terjadi bias dan kesulitan untuk menghitung pengeluaran secara detail dan pada akhirnya memberikan data keuangan yang kurang faktual.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kas_kecil

https://accurate.id/akuntansi/petty-cash-adalah/

https://www.startsavingoninsurance.com/financial-planning-5-good-reasons-why-you-should-do-it/

No comments:

Post a Comment

Related Posts