Sunday, August 29, 2021

Lost Generation


‘Generation Perdue’ diucapkan oleh orang-orang saat selesai Perang Dunia I kepada generasi pasca perang besar tersebut sebagai Lost Generation atau generasi yang hilang. Efek dari generasi yang hilang tersebut yaitu mereka tidak tahu akan ke arah mana mereka melangkah, karena generasi tersebut merasa terasing sebab kehidupan mereka terampas oleh perang, yaitu termasuk hak dan kegembiraan masa anak dan remaja. 

Tanggal 18 Juni 2020,  Bank Dunia merilis bahwa terjadi penurunan kualitas pendidikan dari para peserta didik di seluruh dunia akibat Pandemi-Covid-19, terjadi penurunan nilai- rata-rata ujian sebanyak 25 persen. Unicef juga menyatakan bahwa Pandemi Covid-19 memicu penurunan kompetensi dasar yang harus akibat menurunnya kualitas waktu belajar siswa.

Hal ini bisa jadi dalam pembelajaran daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak adanya aspek interaksi guru dan murid, sehingga pembelajaran hanya dipermukaan saja dan kurang mendalam. Maka sangat penting dipikirkan untuk memitigasi kehilangan pembelajaran (learning loss).

Memang benar bahwa pandemi telah mengubah cara hidup secara drastis, meskipun dengan teknologi informasi (TI) setidaknya sudah ada dan ditemukan beberapa solusi, namun terdapat beberapa aktivitas dimana TI tidak dapat mengantikan semua aktivitas luring (offline).

Beberapa masalah psikologi, misalnya adalah trauma anak-anak dengan keadaaan yang dialami, mulai dari saat diisolasi, anak yang ketika orang tuanya sakit dititipkan ke tetangga, hingga anak kehilangan orang tua.

Untuk itu, kita tidak boleh mengabaikan atau bahkan menghilangkan hak dasar bagi anak, yaitu pendidikan. Dimana sekolah tidak sekedar melaksanakan pengajaran tapi juga pendidikan. Selain ilmu juga akhlak. Oleh karena itu perlu ada solusi kebijakan sektor pendidikan yang tepat dan aman, tentunya selain pendidikan yang berkualitas, baik, dan layak kepada siswa. Terlebih hal ini sudah berjalan lebih dari 1 tahun, yaitu sejak bulan Maret 2020.


Sumber :
https://radarkediri.jawapos.com/read/2021/07/04/273253/lost-generation
https://www.harianbhirawa.co.id/mewaspadai-lost-generation-selama-pandemi-covid-19/
https://www.uii.ac.id/mengantisipasi-generasi-yang-hilang/
https://www.parenting.co.id/balita/lost-generation-yang-dikhawatirkan-dari-covid-19-
https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-04429742/kebijakan-pendidikan-di-masa-pandemi-jangan-jadikan-lost-generation?page=all
https://www.newshub.co.nz/home/new-zealand/2017/12/kiwi-mum-leaves-children-home-alone-to-travel-overseas.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts