Tuesday, August 31, 2021

Tips Keuangan bagi Fresh Graduate

Bagi seorang Fresh Graduate adalah hal yang membahagiakan saat mendapatkan pekerjaan pertamanya, karena sudah menantikan saat-saat ini dalam hidup, dimana akhirnya memiliki penghasilan sendiri. Ini merupakan momen penting dan krusial dalam hidup.

Namun, tanpa manajemen keuangan yang baik, impian untuk hidup nyaman di masa yang akan datang akan tetap menjadi impian.

Untuk itu hati-hati dengan jebakan keuangan.

Saat usia masih muda membuat mudah terlena dengan membelanjakan uang seperti beli gadget baru, hal ini dikarenakan kesulitan untuk membedakan keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus Anda miliki dan tidak bisa melakukan sesuatu tanpanya seperti makanan, rumah, dan pakaian. Keinginan adalah sesuatu yang ingin Anda dapatkan tetapi tidak terlalu diperlukan seperti berlibur ke luar negeri, mobil mewah, dan makan di tempat yang mewah.

Untuk itu rencanakan keuangan sedini mungkin. Pikirkanlah seberapa banyak uang yang harus ditabung setiap bulannya, dan berapa banyak untuk diinvestasikan. Pertahankan pola hidup hemat meski telah bekerja.

Tabung uang meski sedikit, yang penting rutin dan konsisten. Tabungan ini hanya digunakan dalam keadaan paling genting saja. 

Meski hemat, tapi tetap sediakan 'Me Time' Money, yang digunakan saat jenuh. Misalnya untuk memasak, olahraga, dan belanja.

Nikmati gaji dengan meminimalisir hutang-hutang. Pilah pilih uang pada klasifikasi kebutuhan dengan membiasakan diri untuk disiplin pada keuangan sendiri.

Buat tujuan jangka panjang, misalnya dengan membuat rencana liburan atau merencakanan peluang usaha. Sehingga kita bisa lebih terarah dan punya motivasi dalam menjaga alur keuangan.

Akan ada masalah keuangan yang muncul saat pertama kali bekerja karena umumnya perusahaan memberikan gaji bagi para fresh graduate sesuai upah minimum regional (UMR). Masalah muncul seperti uang transportasi dan uang kost yang membengkak.

Untuk mengatasi masalah finansial tersebut kita haru membuat beberapa hal kecil yang bisa membantu menghemat uang bulanan.

Diantaranya seperti:

  • Bawalah sendiri bekal maka siang dari rumah, karena memasak sendiri jauh lebih menghemat dan menyehatkan.
  • Bagilah uang dalam pos-pos tertentu, misalnya: uang bensin, uang makan mingguan, uang belanja bulanan, uang untuk pulsa dan lain-lain.
  • Manfaatkan promosi toko-toko, seperti produk kebutuhan sehari-hari dengan promo "buy 2 get 1 free"
  • Ngopi di cafe bisa diganti dengan membuat kopi sendiri di rumah atau ganti dengan minum air putih. It's chep and better for you.
  • Buatlah rekening berbeda untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan, untuk menghindarkan dari godaan memboroskan uang.
  • Kumpulkan barang-barang yang masih layak pakai dan buatlah garage sale.

Sumber :
https://simplifinancialplanning.blogspot.com/search/label/Gaji

No comments:

Post a Comment

Related Posts