Saturday, June 18, 2022

Penemu di Indonesia


Bukan hanya Yogi Ahmad Erlangga yang berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz dengan menggunakan matematika numerik secara cepat (robust). Namun ada beberapa nama penemu dan ilmuwan Indonesia yang mendunia. 

Para penemu dan ilmuwan Indonesia ini memiliki sumbangsih bagi kemajuan teknologi. Berikut adalah nama-nama penemu dan ilmuwan Indonesia yang mengharumkan bangsa Indonesia.
  1. BJ Habibie, menciptakan Teori Crack Propagation, sebuah solusi untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat. Berkat ciptaannya, Habibie berhasil meringankan bobot pesawat kosong, tanpa berat penumpang dan bahan bakar, hingga 10 persen dari sebelumnya. Angka penurunan ini bisa mencapai 25 persen setelah material komposit dimasukkan ke dalam tubuh pesawat.
  2. Muhammad Nurhuda, pencipta kompor ramah lingkungan pertama di Indonesia dengan mengembangkan Kompor Biomassa Hemat Energi. Beliau juga membuat rancangan Bangun Pilot Plan Gasifikasi Sampah Menjadi Syngas untuk Alternatif Pembangkit Energi Listrik yang Ramah Lingkungan. 
  3. R.M. Sedyatmo, penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam, salah satunya untuk landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta.
  4. Khoirul Anwar, ilmuwan Indonesia yang menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) yang dipakai dalam teknologi 4G LTE. Konsep tersebut kemudian menjadi standar International Telecommunication Union (ITU) dan dipatenkan pada 2005. Beliau juga mempunyai sejumlah paten seperti sistem deteksi illegal transmitter yang berpotensi dipakai dalam teknologi 5G.
  5. Randall Hartolaksono, penemu bahan anti api dan anti panas dari kulit singkong yang berguna bagi bidang otomotif yang dihargai dan diakui oleh perusahaan otomotif dunia, seperti Petronas, dan Ford.
  6. Tjokorda Raka Sukawati, penemu konstruksi Sosrobahu atau sistem Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH) yang memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunannya. Temuan beliau diaplikasikan untuk membangun jembatan di kota Seattle. 
  7. Warsito P. Taruno, peneliti Indonesia yang membuat alat terapi kanker bernama Electro-Capacitive Cancer Therapy (ECCT).
  8. Adi Utarini, memimpin uji coba perintis dari sebuah teknologi yang dapat membantu memberantas demam berdarah, sehingga berhasil mengurangi kasus demam berdarah hingga 77 persen di beberapa kota besar di Indonesia.
  9. Tri Mumpuni, mengembangkan kemandirian masyarakat di kawasan-kawasan terpencil melalui pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH), setidaknya terdapat 65 PLTMH di desa-desa terpencil di berbagai pelosok Nusantara, sehingga desa terpencil yang awalnya gelap mulai diterangi oleh bantuan listrik.

Sumber :
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6136010/10-penemu-dan-ilmuwan-indonesia-yang-mendunia-ada-bj-habibie.

No comments:

Post a Comment

Related Posts