Tuesday, June 7, 2022

Glokalisasi

Aku heran dan kagum dengan tulisan dari Arya Setya Nugroho, seorang Dosen PGSD FKIP Unmuh Gresik dengan judul "Glokalisasi sebagai Globalisasi: Pendidikan Indonesia Apa Seharusnya Bercermin dari Pembangunan Singapura?" yang dipublish di laman sidoarjoterkini.com

Isi artikel cukup bagus. Jika ingin membacanya, silahkan klik di link dibawah tulisan ini.

Namun aku tidak ingin membahas isi dari artikel tersebut, agar tidak dobel, namun yang ingin aku bahas dan cerna adalah kata dan konsep dari Glokalisasi. Tidak terpikirkan sebelumnya.

Karena sering kita baca mengenai kata globalisasi. Dimana istilah globalisasi sering bergeser menjadi modernisasi dan westernisasi terhadap banyak aspek, mulai dari aspek ekonomi, sosial, bahkan politik sehingga terkadang membawa dampak masuknya budaya dan perubahan perilaku dari budaya Barat.

Seharusnya kita bangga terhadap orisinalitas dan otentisitas budaya.

Glokalisasi merupakan pandangan global dan lokal yang dipadukan. Istilah glokalisasi sering digunakan mulai 1980-an, istilah lain glokalisasi adalah indigenization (pribumisasi).  

Glokalisasi yang merupakan gabungan dari kata globalisasi dan lokalisasi adalah jargon bisnis untuk menyebut adaptasi produk atau jasa terhadap wilayah atau kebudayaan tempat mereka dijual. Kata "glokalisasi" mengacu pada konsep untuk menjelaskan individu, kelompok, organisasi, produk, atau jasa yang merefleksikan sekaligus standar global dan standar lokal.

Contoh yang mudah memahami definisi dari globalisasi dan glokalisasi adalah restoran McD. Menjamurnya restoran McDonald's di seluruh dunia adalah contoh globalisasi, sedangkan perubahan menu restoran demi menarik konsumen lokal adalah contoh glokalisasi. 

Misal di Prancis, McDonald's mengganti maskot Ronald McDonald-nya dengan Asterix, tokoh kartun Prancis yang populer. Di Korea, McDonald's mencoba memuaskan lidah orang Korea dengan menciptakan hamburger bergaya Korea seperti 'burger Bulgogi' dan 'burger Kimchi'. 


Sumber :

https://sidoarjoterkini.com/glokalisasi-sebagai-globalisasi-pendidikan-indonesia-apa-seharusnya-bercermin-dari-pembangunan-singapura/

https://id.wikipedia.org/wiki/Glokalisasi

https://www.wallstreetmojo.com/glocalization/

No comments:

Post a Comment

Related Posts