Saturday, June 11, 2022

The Negotiator

Film The Negotiator yang dirilis pada tahun 1998 menurutku film yang bagus. Hal ini juga didukung oleh skor 7.3/10 dari IMDb, lalu skor 74% oleh Rotten Tomatoes dan skor 62% dari Metacritic.


Film ini menceritakan Letnan Danny Roman sebagai tokoh utama yang merupakan seorang negosiator sandera terkemuka untuk kantor polisi Chicago Police Department's, diberitahu oleh rekannya, Nate Roenick, bahwa menurut seorang informan yang tidak mau disebutkan namanya, anggota unit mereka sendiri menggelapkan uang dalam jumlah besar dari departemen itu.

Nate memberi tahu Roman bahwa informannya belum memberi tahu Internal Affairs karena menurutnya mereka mungkin terlibat juga. Roman pergi menemui Nate, tetapi menemukan dia terbunuh di mobilnya dengan luka peluru di kepalanya sebelum dia dapat berbicara dengannya. Seketika mobil patroli tiba di tempat kejadian dan menduga Roman sebagai tersangka utama. 

Masalah menjadi lebih buruk bagi Roman ketika inspektur IAD Terence Niebaum, ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan itu. Setelah pistol yang membunuh Nate, ditemukan di danau di sebelah mobil Nate, terkait dengan kasus yang sedang dikerjakan Roman, Niebaum dan penyelidik lainnya menggeledah rumah Roman dan menemukan surat-surat untuk rekening bank luar negeri dengan setoran sama dengan salah satu jumlah uang yang digelapkan. 

Roman dipaksa untuk menyerahkan senjata dan lencananya, dan rekan-rekannya akhirnya juga menuduhnya. Dengan tuduhan penggelapan dan pembunuhan, Roman pergi ke kantor Niebaum dan menuntut jawaban tentang siapa yang menjebaknya. 

Ketika Niebaum menolak untuk menjawab, Roman menyandera Niebaum, asisten administrasinya Maggie, komandan Grant Frost dan penipu Rudy Timmons sebagai sandera.

Lalu bangunan tersebut dikepung oleh unit CPD dan FBI. Roman meminta beberapa permintaan, yaitu diantaranya: meminta lencananya kembali, menemukan informan dan pembunuh Nate, pemakaman departemen jika dia meninggal dan memanggil letnan polisi Chris Sabian, seorang negosiator top dari kota lainnya. 

Roman mempercayai Sabian karena dia adalah orang asing, dan besar kemungkinan tidak terlibat dalam kasus ini.

Sabian bentrok dengan polisi Roman, khususnya komandan Adam Beck, karena memberi komando yang melanggar dari kesepakatan sehingga mengakibatkan petugas SWAT Scott dan Markus menjadi sandera dan Scott diduga terbunuh.

Roman menukar Frost ke Sabian dengan imbalan memulihkan listrik gedung, yang telah dimatikan setelah eksekusi sandera. Dengan bantuan dari Rudy dan Maggie, Roman mengakses komputer Niebaum dan menemukan skemanya: petugas korup mengajukan klaim cacat palsu yang diproses oleh orang dalam. 

Dia juga menemukan rekaman penyadapan, termasuk percakapan antara Nate yang menunjukkan bahwa dia akan menemui informannya sebelum dia dibunuh. Sabian, menggunakan informasi yang diberikan Roman, mengklaim telah menemukan informan Nate dalam upaya untuk membuat Roman membebaskan para sandera. 

Roman menyadari Sabian menggertak ketika file Niebaum mengungkapkan Nate sendiri adalah informan IAD.

Ketika Roman mengancam untuk mengekspos Niebaum di jendela kantornya yang terbuka, membuatnya rentan terhadap tembakan penembak jitu, Niebaum mengakui bahwa Nate memberinya penyadapan, melibatkan tiga rekan satu regu mereka dalam skema penggelapan: Allen, Hellman dan Argento. 

Ketika Niebaum menghadapi petugas yang bersalah, dia menerima suap dari mereka untuk menutupi kejahatan mereka. Petugas yang bersalah berusaha menyuap Nate, tetapi dia menolak untuk mengambil uang itu, yang mengakibatkan pembunuhannya. 

Niebaum mengatakan dia tidak tahu siapa biang keladinya, tetapi dia dengan aman menyembunyikan kesalahan ketiga petugas itu. Petugas korup yang sama diam-diam memasuki ruangan melalui ventilasi udara dengan dalih menjadi bagian dari tim untuk membawa Roman keluar jika dia mulai membunuh sandera; setelah mendengar pengakuan Niebaum, mereka melepaskan tembakan dan membunuhnya sebelum dia dapat mengungkapkan di mana dia menyembunyikan penyadapan. 

Roman seorang diri menangkis mereka dan sisa pasukannya, menggunakan flashbang yang dia sita dari dua petugas dalam pelanggaran yang gagal sebelumnya.

Karena Sabian dan polisi tidak dapat menyelesaikan situasi ini, FBI pun menghentikan negosiasi, membebaskan letnan dari komandonya, dan memerintahkan penyerangan penuh. 

Saat Roman bersiap untuk penangkapan akhirnya, Maggie mengatakan kepadanya bahwa Niebaum juga bekerja dari rumahnya dan bisa saja menyimpan file penyadapan Nate di sana. 

Sabian yang kembali ke gedung lalu bertemu dengan Roman untuk memperingatkan dia. Roman mengungkapkan bahwa Scott masih hidup dan disumpal dengan lakban. 

Sabian mulai percaya bahwa Roman tidak bersalah dan memberinya kesempatan untuk membuktikan kasusnya. Sementara FBI dan SWAT menyerbu gedung dan menyelamatkan para sandera, Roman menyamar sebagai anggota SWAT dan melarikan diri melalui ventilasi.

Kedua negosiator pun pergi ke rumah Niebaum, tetapi mereka tidak dapat menemukan bukti-bukti yang dicari. Polisi korup memasuki rumah tersebut, lalu mereka mundur saat Frost masuk dan mencoba membujuk Roman. 

Di depan Frost, Sabian menembak Roman dan menawarkan untuk menghancurkan bukti pada floppy disk yang telah mereka temukan dengan imbalan potongan pengambilan Frost. Frost setuju dan secara efektif membuat pengakuan penuh atas kejahatannya dan 3 petugas lainnya sebelum dengan penuh semangat menghancurkan floppy disk dan dengan percaya diri menembak komputer Niebaum. 

Ketika Frost keluar dari rumah, ia menemukan bahwa Sabian hanya sekedar melukai sedikit tubuh Roman, lalu menggunakan mikrofon radio polisi untuk menyiarkan pengakuannya kepada polisi di sekitar area tersebut. 

Dipermalukan, Frost mencoba bunuh diri, tetapi ditembak di bahu oleh Beck dan ditangkap bersama dengan petugas korup lainnya. Saat Roman dimuat ke ambulans bersama istrinya, Sabian memberikan lencananya kembal.

No comments:

Post a Comment

Related Posts