Sunday, June 5, 2022

Ganti Oli

Mumpung hari Minggu ini lagi libur, waktunya yang tepat ke bengkel untuk service sepeda motor dan ganti oli untuk sepeda motor Kawasaki Kaze VR. Sekaligus untuk memperbaiki Piringan Rem Cakram Motor yang sempat Macet.



Ganti oli atau cairan pelumas mesin ini sangat penting.

Karena oli mempunyai fungsi sebagai cairan pelumas pada mesin-mesin yang berkaitan dengan gesekan, cooling agent dalam ruang mesin, mengurangi karat serta melindungi wearing pada permukaan elemen. 

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli oli motor. Mulai dari tingkat keencerannya, kinerja mesin, hingga jenis motor Anda. 

Salah satu poin yang harus diperhatikan dalam memilih oli adalah tingkat kekentalan atau keencerannya (viskositas). Kode keenceran pada oli biasanya diawali dengan kata SAE, kemudian diikuti dengan angka. Skala tingkat keenceran pada oli ini dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SAE)

Jika menggunakan motor lebih banyak di daerah bersuhu dingin, gunakan oli dengan tingkat keenceran tinggi. Oli dengan label SAE 10W-30 sampai SAE 15W-50 sangat direkomendasikan untuk wilayah dingin. 

Beberapa oli motor terbaik yang dipasarkan di beberapa bengkel Indonesia, diantaranya adalah:

  1. Oli Motor Yamalube
  2. Oli Motor AHM
  3. Oli Motor Pertamina Enduro
  4. Oli Motor Pertamina Mesran
  5. Oli Motor Pertamina Fastron
  6. Oli Motor Top One
  7. Oli Motor Shell
  8. Oli Motor Federal
  9. Oli Motor Repsol
  10. Oli Motor Motul
  11. Oli Motor Castrol
  12. Oli Motor Evalube

Dan sesuai dengan kawan yang bekerja di bidang otomotif bahwa untuk motor Kaze yang aku gunakan sebaiknya menggunakan Oli Top 1, akhirnya aku ganti oli dengan menggunakan TOP 1 Evolution MC Series.

TOP 1 Evolution MC teruji kualitasnya sebagai oli motor terbaik untuk transmisi gigi sangat dibutuhkan untuk menjaga performa esensial kendaraan. 

Keunggulan dari TOP 1 Evolution MC terdiri dari teknologi JASO MA2 terbaru 2016 yang memberikan pengalaman perpindahan transmisi yang lebih halus. Perubahan gigi ini menjaga perputaran tenaga menjadi lebih baik sehingga dapat menekan angka kerusakan.

Perpindahan gigi merupakan fungsi yang vital untuk motor transmisi gigi. 

Juga terdapat teknologi anti aus dan anti korosi yang merawat kebersihan mesin, karena memiliki aditif khusus berteknologi Extra Power yang dapat menciptakan lapisan pelindung terbaik sejak pertama kali mesin dihidupkan, bagian metal yang saling bergesekan dapat bekerja dengan lebih maksimal. Kondisi mesin dapat terjaga lebih baik dan lama.

Dengan aditif berkualitas yang mampu membantu menjaga kebersihan mesin dan meningkatkan akselerasi kendaraan.

Produk-produk TOP1 memang diformulasikan dengan bahan aditif pilihan kelas dunia yang sanggup meningkatkan performa dan ketahanan, sekaligus memberikan perlindungan maksimal terhadap mesin kendaraan.


Sumber :

https://www.otomaniac.com/oli-motor-terbaik/

https://my-best.id/116171

https://www.otoflik.com/oli-motor-terbaik/

https://oto.cekkembali.com/motor/onderdil/oli-motor-terbaik-motul-5100-top-1-evolution-mc-series/

https://www.gridoto.com/read/221650295/hadapi-persaingan-oli-top1-luncurkan-lima-produk-baru

No comments:

Post a Comment

Related Posts