Monday, June 20, 2022

Overthinking

Gangguan kesulitan tidur atau insomnia atau sleeplessness, padahal badan sudah capek, namuan saat rebahan pikiran tidak bisa diam, tiba-tiba banyak pikiran, terjebak di situasi overthinking.

Overthinking adalah kondisi seseorang merasa cemas terhadap suatu atau beberapa hal sehingga dipikirkan segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi secara terus menerus mengenai kemungkinan terburuk, dan memikirkan berbagai solusinya.

Overthinking bisa timbul karena adanya stres dan perasaan cemas. Selain itu ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu overthinking, yaitu diantaranya sebagai berikut:

  • Sikap perfeksionis, yang cenderung menuntut hasil sempurna dan takut menghadapi kesalahan atau kegagalan. 
  • Self-esteem rendah, sehingga sering menyalahkan diri sendiri dan merasa bertanggung jawab atas setiap kejadian, hal ini dibarengi dengan takut akan penilaian buruk dari orang lain sehingga memikirkan terus menerus setiap hal yang akan atau sudah mereka lakukan.
  • Trauma, terhadap pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi sebelumnya sehingga memicu pemikiran kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat terjadi berikutnya.

Overthinking bisa jadi merupakan salah satu gejala kondisi gangguan psikologis OCD karena terkait dengan pikiran. Namun tidak berarti semua orang yang overthinking mengidap OCD.

Overthinking sebagai kondisi pikiran yang berlebihan terhadap sesuatu sebenarnya banyak orang mengalami tanpa disadari, misalnya, terlalu memikirkan apakah sudah mengunci pintu, memikirkan apakah sudah mencuci tangan dengan benar, memikirkan apakah keran air sudah ditutup.

Meski ini merupakan hal yang baik dan merupakan tanda kewaspadaan, tetapi jika muncul secara berlebihan maka ini merupakan tanda obsesif. Dan apabila pikiran yang obsesif ini ditambah dengan perilaku kompulsif, maka ini sudah termasuk gangguan kesehatan mental yang disebut OCD (Obsessive Compulsive Disorder)


Sumber :

https://satupersen.net/blog/insomnia-akibat-overthinking

https://www.halodoc.com/artikel/alasan-overthinking-bisa-jadi-gejala-dari-ocd

No comments:

Post a Comment

Related Posts