Friday, June 10, 2022

Jungle Cruise (2021)

Jumat malam, waktunya liburan weekend dimulai. Dan liburan di rumah tidak ada semantap baca buku sambil ngopi atau nonton film sambil ngemil. Dan film yang kita tonton kali ini adalah Jungle Cruise yang dirilis pada tahun 2021.

Film ini dimulai pada tahun 1556, saat Don Aguirre memimpin para penakluk Spanyol ke Amerika Selatan untuk mencari Pohon Lágrimas de Cristal, yang bunganya dapat menyembuhkan penyakit, menyembuhkan luka, dan menghilangkan kutukan. 

Setelah banyak conquistador mati, suku Puka Michuna menyembuhkan orang-orang yang selamat yang sakit dengan bunga Pohon. Ketika kepala suku menolak untuk mengungkapkan lokasi Pohon, Aguirre menikamnya dan membakar desa. 

Kepala sekarat mengutuk conquistador, membuat mereka abadi dan tidak dapat meninggalkan pemandangan Sungai Amazon tanpa diseret kembali oleh hutan itu sendiri.

Lalu film berpindah tahun 1916 di London, hasil penelitian Dr. Lily Houghton's mengenai Tears of the Moon dipresentasikan oleh kakaknya MacGregor kepada Royal Society. Keluarga Houghton, berharap untuk merevolusi obat dan Upaya Perang Inggris, meminta akses ke artefak mata panah yang baru saja diperoleh, tetapi permintaan tersebut ditolak karena Pohon itu dianggap mitos dan ilmuwan wanita tidak disukai. 

Namun, percaya panah dan peta Amazon lamanya adalah kunci untuk menemukan Pohon, Lily mencurinya, nyaris menghindari Pangeran Joachim, yang sama-sama berniat menemukan Pohon untuk Jerman.

Sesampainya di First Brazil Republic, Lily dan MacGregor mencari panduan untuk mengarungi Sungai Amazon. Mereka menyewa kapten Frank Wolff yang menawarkan pelayaran hutan yang dihiasi dengan bahaya teater palsu dan permainan kata-kata klise. 

Dia awalnya menolak, dengan alasan bahaya sungai dan hutan. Frank mempertimbangkan kembali setelah melihat panah. Frank mencuri kembali mesin perahu miliknya dari kepala pelabuhan Nilo dan ketiganya berangkat setelah melarikan diri dari U-boat Joachim.

Di kabin Frank, Lily menemukan foto dan sketsa penemuan modern serta penelitian tentang Tears of the Moon. Dia menuduhnya mencari Pohon, tapi dia bersikeras dia sudah lama menyerah. Mereka ditangkap oleh suku Puka Michuna, menyamar sebagai kanibal, tetapi dengan cepat melepaskan mereka saat mereka disewa oleh Frank. Marah, Lily mulai meragukan Frank. 

Kepala suku Pedagang Sam menerjemahkan simbol-simbol di kepala panah, mengungkapkan lokasi Pohon dan hanya mekar di bawah bulan darah.

Sementara itu, Joachim telah menemukan para penakluk yang membatu di dalam gua. Dia membuat mereka setuju untuk menemukan panah untuknya dengan imbalan bunga. Dia mengalihkan sungai untuk membebaskan mereka dan mereka dihidupkan kembali saat menyatu dengan elemen hutan hujan. 

Para conquistador melacak dan menyerang suku di mana Frank ditikam tepat di jantungnya oleh Aguirre. Lily melarikan diri dengan artefak, tetapi tanaman merambat menarik orang-orang Spanyol itu ketika mereka tanpa sadar kehilangan pandangan ke sungai saat mengejarnya.

Yang mengejutkan keluarga Houghton, Frank muncul kembali hidup-hidup. Dia mengungkapkan bahwa dia adalah salah satu penakluk terkutuk, yang pernah ingin membantu menemukan Tears of the Moon untuk menyelamatkan putri Aguirre yang lumpuh. 

Namun, dia memihak suku melawan amukan Aguirre. Setelah bertahun-tahun bertarung, dia menjebak rekan-rekannya yang pendendam jauh dari pandangan sungai, membuat mereka ketakutan. Gagal menemukan Pohon, Frank menjadi pemandu wisata dan membangun desa.

Lily dan Frank melanjutkan ke Tears of the Moon La Luna Rota dan menemukan kuil yang terendam. Sementara itu, Joachim telah menangkap MacGregor dan memaksanya untuk mengungkapkan lokasi Lily. Frank, Houghtons, Jerman, dan conquistador semua berkumpul di Pohon ketika air La Luna Rota terkuras sebagian.

Menemukan kepala panah adalah liontin dengan permata merah di dalamnya, Lily menempatkan dua potongan itu ke dalam ukiran di kulit kayu dan Pohon itu mekar sebentar di bawah bulan darah. Saat pertarungan terjadi, Lily memulihkan satu bunga. 

Tentara Jerman tenggelam, Joachim dihancurkan oleh batu yang jatuh, dan Frank menabrakkan perahunya untuk memblokir sungai, membatu dirinya sendiri dan para penakluk lainnya untuk menyelamatkan Lily. 

Menyadari perasaannya yang sebenarnya untuk Frank, Lily mengorbankan bunga untuk mengangkat kutukan Frank dan memulihkan kematiannya, dan dia memutuskan untuk meninggalkan Amazon untuk bersamanya. Sinar terakhir bulan mekar satu bunga, yang diambil Lily untuk penelitian. 

Kembali ke pelabuhan, Frank menjual bisnisnya kepada Nilo.

Setelah berhasil kembali ke Inggris, Lily menjadi profesor penuh di Universitas Cambridge. MacGregor menolak undangan keanggotaan dari Royal Society. Lily dan Frank kemudian menjelajahi London bersama.

No comments:

Post a Comment

Related Posts