Thursday, October 20, 2022

Debut Mengendarai Mobil Matic

Mestinya mengendarai mobil transmisi otomatis atau matic sangat mudah karena hanya ada 2 pedal yaitu gas dan rem. Namun karena sebelumnya terbiasa dengan mobil manual, jadi tetap saja perlu belajar dan adaptasi sebelum mengendari kendaraan matic.

Sebelum menyalakan mobil pastikan posisi tuas berada di posisi P atau N. Beberapa mobil matic tertentu kita harus menginjak atau menekan pedal rem

Kemudian setelah mesin menyala pindahkan tuas ke posisi R (Return) atau D (Drive). Dimana fungsi dari transmisi R adalah untuk mundur, dan D untuk maju. Sedangkan fungsi dari transmisi P (Park) untuk parkir, dan N untuk netral.

Saat menunggu lampu merah biasakan untuk mengubah transmisi dari D ke N untuk mencegah mobil melaju secara otomatis dan bisa menabrak kendaraan di depan. Selain itu jika terlalu lama, kerja gearbox dan mesin akan terbebani yang akan berimbas pada keawetan mobil.

Lalu saat parkir pastikan juga posisi persneling untuk merubah dari tuas transmisi dari N atau D ke posisi P. Karena jika tidak maka akan bedampak saat injakan pedal rem dilepas, mobil jadi meluncur dan menabrak kendaraan lain yang ada di depan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts