Wednesday, October 26, 2022

Warna pada Logo

Ada beberapa jenis-jenis warna yang bisa kita pilih pada logo atau merek untuk usaha dan bisnis kita. Sehingga kita tidak boleh asal dalam memilih warna untuk diaplikasikan pada logo dan merek tersebut. Kita bisa mengaplikasikan Colour Theory agar terlihat menarik.

Warna mempunyai daya tarik tersendiri yang dapat menyampaikan pesan dan membangkitkan emosi. Oleh karena itu warna memainkan peran penting dalam logo. Mari kita lihat warna tertentu yang digunakan oleh merek terkenal yang menggunakannya untuk keuntungan mereka dalam bisnis.

Warna memiliki peran psikologi pada logo perusahaan yang memainkan peran penting sehingga secara artistik mengesankan visual kepribadian. Warna mampu memanipulasi dengan kuat sehingga menjadi bagian dari strategi branding perusahaan dimana warna pada logo dapat memberi kesan dan persepsi pada orang yang melihat logo.

Misal logo pada Pizza Hut, McDonalds, KFC, Dunkin Donuts yang menggunakan warna merah, oranye, kuning, dan merah muda yang dapat memancing rasa lapar.

Warna merah melambangkan kekuatan, gairah, dan keagungan yang memiliki efek merangsang pada sistem saraf dan dapat menyebabkan rasa takut, iritasi, agresi, dan kemarahan. Sehingga cocok digunakan pada merek yang terlibat dalam organisasi perlombaan olahraga dan produksi minuman energi.

Warna putih melambangkan keterbukaan, kepolosan, kemurnian, kesetiaan, dan kebebasan sehingga melambangkan yang dapat membangkitkan perasaan tenang, kepercayaan, dan kemurnian.

Warna biru melambag bersih, ringan, surgawi, dan dingin akan terbayang langit tanpa awan, air jernih, laut yang tenang dan tenang sehingga memiliki sifat yang menenangkan dan menenangkan. Warna biru dapat membangkitkan perasaan percaya, stabilitas, kesuksesan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Biru adalah warna konservatisme, keandalan dan kejujuran.

Warna kuning melambangkan matahari, kehangatan, cahaya, kegembiraan, kepercayaan yang dipilih oleh orang-orang yang ceria, impulsif, percaya diri, dan kreatif. Sehingga dapat menyeimbangkan emosi, dan membangun ketenangan pikiran. Kombinasi hitam dan kuning sangat bagus karena memiliki kontras yang kuat.

Warna coklat dapat membangkitkan rasa keandalan, daya tahan, keamanan, kenyamanan, dan kehangatan, sehingga kerap dipilih oleh orang-orang percaya diri yang menghargai stabilitas dan tradisi.

Warna ungu diasosiasikan dengan kekuasaan dan otoritas, tetapi pengaruhnya lebih diredam sehingga akan terkesan tumbukan dilakukan dengan lebih lembut dan tenang. Warna ungu menjadi simbol kebijaksanaan, pengetahuan rahasia, rasa hormat, dan kepercayaan diri. 

Warna pink atau merah muda melambangkan kebaikan, masa muda, feminitas, romansa, kepolosan, dan cinta, sehingga banyak digunakan pada bisnis yang terkait dengan kecantikan, fashion, manufaktur, dan penjualan produk untuk anak-anak.

Warna oranye atau jingga yang merupakan campuran merah dan kuning menjadikan warna ini berapi-api lebih lembut, lebih nyaman, dan lebih tenang daripada merah. Warna ini mewakili kehangatan rumah, kenyamanan, dan kesenangan sejati. 

Warna hijau melambangkan hidup sehat, alam, kesegaran, kealamian, olahraga, dan ketenangan, sehingga mendorong aktivitas dan relaksasi. Warna hijau memiliki kesan keseimbangan, harmoni dan kedamaian, penyembuhan dan kesehatan. Warna ini tidak memberikan emosi yang meluap-luap seperti kuning dan tidak sesantai biru. 

Warna hitam melambangkan ekspresif dan diasosiasikan dengan keanggunan, kemewahan, dan kualitas yang bermartabat. Sedangkan warna putih mencerminkan kesederhanaan dan kejujuran. 

Warna abu-abu melambangkan keandalan, ketenangan, keamanan, kesopanan, akal sehat, dan kecerdasan. Abu-abu tidak menimbulkan emosi yang kuat, tidak mengalihkan perhatian dari urusan penting.

Psikologi warna menyatakan bahwa setiap warna mewakili perasaan yang berbeda dan memengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku. Sehingga dengan warna kita dapat melakukan branding karena dari warna pada logo dapat membangkitkan emosi, membantu memposisikan merek, dan membuatnya menonjol di antara yang lainnya.


Sumber :

https://thelogocompany.net/psychology-of-color-in-logo-design/

https://www.thelogoshop.to/blog/2017/6/26/the-role-of-colour-in-logo-design

https://1000logos.net/color-psychology-in-logo-design/

https://www.creatopy.com/blog/logo-color-combinations/

No comments:

Post a Comment

Related Posts