Friday, October 14, 2022

Pandemi & Resesi

Kayak kapal lah, lay off sisain beberapa agar bisa survive kalo kuat lagi bisa ambil lagi atau jatuh bareng-bareng.

Diatas merupakan cuplikan menit ke 20:00 dari dialog Raymond Chin di podcast Close The Door-nya Deddy Corbuzier dari tema utuh yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan dan prediksi di tahun 2023 akan resesi ekonomi.

Resesi ekonomi ini merupakan kemunduran secara ekonomi di dunia merupakan resesi global yang terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hal ini terjadi karena perputaran uang yang ada dipasaran ditarik karena adanya pandemi dan diikuti oleh inflasi.

Karena penasaran akhirnya aku lihat akun atau kanal YouTube Raymond Chin.


Potensi resesi ekonomi di 2023 senada dengan yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo, bahwa di tahun 2023 akan menjadi tahun yang gelap dan sulit. Beberapa hal yang menyebabkan resesi ekonomi tersebut dibagi menjadi 5 chapter, yaitu sebagai berikut:

Chapter 1 : Pandemi, Shutdown & Printing Money 

Pandemi membuat banyak perusahaan mengalami shutdown, karena perputaran uang sempat terhenti, hal ini dikarenakan masyarakat tidak boleh keluar rumah untuk belanjakan uangnya sehingga perusahaan tidak dapat pelanggan, dan dana dialokasikan pun fokus ke bidang kesehatan.

Chapter 2 : Inflasi & Tightening

Pandemi berdampak menjadi inflasi yaitu kondisi ekonomi dimana peredaran uang terlalu banyak dan harga-harga mayoritas naik. Hal ini akan berdampak buruk jika inflasi menyerang dunia pangan yang ujungnya nanti dapat terjadi krisis pangan.

Chapter 3 : The War

Perang Rusia dengan Ukraina yang terjadi saat ini berpengaruh kepada kondisi dunia karena hampir semua negara di dunia menggunakan minyak dari Rusia untuk keperluan energi dan listrik.

Chapter 4 : Krisis Energi & Pangan

Negara eropa sekarang ini sedang bertahan di tengah krisis kelangkaan pangan, harga tagihan listrik melonjak tinggi, padahal bulan ini sedang menghadapi musim dingin dimana penggunaan energi pada musim dingin akan lebih tinggi untuk pemanas, pencahayaan dan sejenisnya.

Chapter 5 : Housing crash

Housing crisis bisa kita pelajari dari kasus Evergrande yang dinyatakan gagal bayar atau default. Evergrande Group adalah raksasa properti yang berujung pada restrukturisasi besar-besaran dengan utang senilai US$19,2 miliar.

Kondisi secara global semakin memburuk akibat resesi, stagflasi dan krisis keuangan, namun Indonesia diperkirakan termasuk negara yang resilient yang sejauh ini masih terkendali. Meskipun tetap para pakar ekonomi Indonesia masih berpotensi mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 dan 2023 mendatang. 

Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi tahun ini sedikit di atas 4% dan 2023 akan kembali rendah atau berada pada rentang 2-4%, hal ini menandakan Indonesia dimungkinkan terhindar dari risiko resesi dan stagflasi.

Hal ini disebabkan beberapa hal yang menjadi keunggulan Indonesia yaitu mulai dari pengelolaan kebijakan, baik makro maupun moneter, Indonesia disebut sangat bijaksana dan konservatif  sejak lama. Dari sisi fiskal, bahkan sejak periode sebelum pandemi Covid-19, kebijakan fiskal Indonesia disebut sudah sangat disiplin.

Defisit Indonesia selalu berada di bawah 3% dari PDB, utang negara juga berada di bawah 30% dari PDB.

Jika dibandingkan dengan negara lain, misalnya Sri Lanka dan Pakistan tahun 2019 utang pemerintah negara tersebut sudah melebihi 87% dan 86% dari PDB-nya. Kemudian defisit fiskal Sri Lanka di 2019 sudah mencapai 9,6%, sementara di Pakistan mencapai 9,1%.


Sumber :

https://purwakartanews.pikiran-rakyat.com/seleb/pr-1105676302/profil-dan-biodata-raymond-chin-orang-yang-sebut-dunia-menuju-kehancuran-pada-podcast-deddy-corbuzier?page=4

https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-1015674462/tahun-2023-awal-terjadinya-kehancuran-dunia-begini-penjelasan-ceo-raymond-chin?page=4

https://www.bofbulletin.fi/en/2020/5/a-fragile-recovery-from-the-pandemic-crisis-has-begun/

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211210/620/1476015/evergrande-dinyatakan-gagal-bayar-bersiap-restrukturisasi-besar-besaran

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220610140410-4-346047/mantap-pak-jokowi-ri-disebut-kebal-krisis

https://seremonia.kontan.co.id/news/tantangan-dan-solusi-mengatasi-potensi-perlambatan-pertumbuhan-ekonomi-di-2022-2023

https://www.solopos.com/wow-indonesia-termasuk-negara-resilient-hadapi-tantangan-global-1349000.

1 comment:

  1. Terima kasih sudah berbagi informasi yang bermanfaat

    Kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Related Posts