Saturday, October 1, 2022

Bearing Roda Belakang Mobil Rusak

Masih berkaitan dengan Kaki-kaki Mobil yang menyebabkan bunyi dug-dug-dug dalam mobil, jika sebelumnya komponen yang diganti adalah link stabilizer karena fungsi yang krusial menghubungkan suspensi mobil pada roda depan di kanan dan kiri. 

Kali ini yang dicek adalah roda belakang.

Masalah bunyi gluduk-gluduk yang sering terjadi pada bagian belakang roda mobil xenia menandakan adanya komponen pada mobil tersebut sudah bermasalah atau rusak. 

Komponen yang pertama adalah bagian karet stabillizer yang terletak pada posisi sebelah kanan. Karet stabillizer yang rusak akan menjadi tipis dan gepeng.

Kompenen yang kedua yang dicurigai adalah shockbreaker

Dan komponen ketiga adalah bearing yang bertugas menjaga poros as roda agar tidak bergesekan dengan bagian roda, dimana seiring waktu kemampuan bearing roda bisa menurun dan menjadi rusak.

Tanda bearing roda mobil rusak adalah muncul bunyi berdengung seperti gluduk-gluduk saat mobil berjalan pada kecepatan sedang di atas 40 km/jam. Bunyi tersebut terdengar sampai ke kabin mobil. Bearing yang macet atau rusak harus segera diganti karena efeknya bisa merembet ke bagian mobil lainnya, khususnya roda karena bisa membuat putaran roda tidak mulus bahkan sampai macet.

Ada beberapa penyebab bearing roda mobil rusak, yaitu pertama karena kondisi jalan yang jelek atau banyak lubang. Hentakan permukaan jalan yang rusak akan membuat beban pada bearing roda akan bertambah sehingga bearing mengalami keausan.

Penyebab lainnya adalah modifikasi kaki-kaki misalnya menggunakan pelek lebih besar sehingga bobotnya lebih berat atau melakukan modifikasi pada shockbreaker dibuat lebih pendek atau menjadi lebih keras sehingga beban pada bearing roda bertambah.

Dan penyebab terakhir adalah cara mengemudi yang ugal-ugalan seperti menghantam lubang dengan kecepatan tinggi atau melewati polisi tidur secara asal-asalan.


Sumber :

https://www.sejutamodif.xyz/2018/02/2-penyebab-bunyi-gluduk-pada-roda.html

https://otoseken.gridoto.com/read/342395080/kenali-ciri-ciri-bearing-roda-mobil-mulai-rusak-muncul-tanda-ini?page=all

https://www.gridoto.com/amp/read/223151160/terungkap-ini-3-hal-penyebab-bearing-roda-mobil-cepat-rusak?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts