Saturday, October 21, 2023

Ikigai

Pernahkan kamu berada dalam Titik Jenuh dalam Karir? Bukan merupakan hal yang salah jika kita merasa bosan dengan pekerjaan. Hal ini bisa menjadi identifikasi bahwa pekerjaan saat ini tidak menyenangkan sehingga membosankan.

Atau bisa saja kebosanan ini terjadi karena pekerjaan yang menumpuk sehingga seakan-akan pekerjaan hanya mengambil alih dunia kita sehingga kita tidak memiliki kehidupan lain selain pekerjaan. 

Untuk mengatasi hal ini kita bisa kembali pada start awal, yaitu apa alasan kita bekerja. Tentunya setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda. Namun alasan ini perlu kita ketahui sebagai motivasi terutama saat kita sedang down.

Beberapa alasan kita bekerja pada umumnya pertama adalah bekerja karena sebagai hobi. Kemudian bekerja karena sebagai tanggung jawab dan yang terakhir misalnya adalah bekerja karena visi. Ada pula orang yang bekerja karena sebagai bentuk orang untuk mengejar mimpi (dream). Dan ada pula orang yang bekerja karena berlandaskan hasrat (passion).

Namun Dream (mimpi) dan Passion (hasrat) bukanlah hal yang mutlak dan bukan yang utama. Mimpi harus mempunyai deadline agar kita tidak terbuai oleh mimpi tanpa pernah terealisasi. Dan juga jangan sampai kita terlalu lama dalam menentukan passion kita. 

Oleh karena itu kita harus mempunyai Target dan Komitmen. Agar kita mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Jika tidak maka kita dapat menjadi orang yang bekerja berdasarkan mood. Dengan 2 hal tersebut maka kita dapat menjadi orang yang pantang menyerah dan tidak mudah berputus asa. 

Dengan menjalankan tips diatas kita bisa menjadi karyawan atau orang dengan tipe purpose oriented, yaitu karyawan yang menjadikan pekerjaannya sebagai sarana untuk mencapai tujuan mulia, yakni membuat kehidupan orang lain lebih baik.

Terakhir ada tips bagus dan bermanfaat dari Fellexandro Ruby yang disampaikan dalam ajang TEDxYouth@SWA dengan topik Why Passion is Not Enough. Yang menjelaskan bahwa passion saja tidak cukup, setidaknya kita membutuhkan 4 hal yaitu:
  • What you love
  • What you are good at
  • What you can be paid for
  • What the world needs
Keempat hal diatas dapat dirangkum dalam 1 kata. Yaitu Ikigai.
Selamat menyaksikan.




No comments:

Post a Comment

Related Posts