Tuesday, October 31, 2023

Ouroboros

Ouroboros dalam serial Loki Season 2 adalah seorang kepala teknisi di Time Variance Authority (TVA), lembaga yang mengatur aliran waktu dalam alam semesta Marvel. Ouroboros merupakan Kepala Teknisi atau kepala insinyur TVA yang memiliki tugas memperbaiki dan memastikan alat-alat yang digunakan oleh agen TVA berfungsi dengan baik. 

Pekerjaannya pada dasarnya adalah setiap bagian teknologi, setiap komputer, dan segala sesuatu yang berjalan di TVA. Ouroboros atau OB merupakan sosok yang sangat jenius dan berdedikasi tinggi, dimana dia telah menghabiskan waktu selama 400 tahun bekerja di TVA secara sendirian.

OB sebagai jantung dan jiwa dari TVA.

Ouroboros menjadi satu-satunya insinyur di TVA merupakan representasi dari Ouroboros dari buku Marvel Comics seperti Oculus Oroboros yang merupakan penyalur sihir elemen serta Admiral Ouroboros - karakter antagonis Silver Surfer Vol. 7 #11 tahun 2015.

Karakter OB juga mengambil referensi dari Mr. Ouroboros, salah satu karakter dari komik Marvel lainnya. Mr. Ouroboros merupakan salah satu hakim yang bekerja di TVA. Ia ikut menjadi hakim yang hadir saat persidangan She-Hulk.

Nama Ouroboros (atau Uroborus) sendiri adalah sebuah simbol kuno yang menggambarkan ular atau naga memakan ekornya sendiri. Nama berasal dari dalam bahasa Yunani; οὐρά (Oura) yang berarti "ekor" dan βόρος (boros) yang berarti "makan", sehingga "ia yang makan ekor".

Ouroboros dalam konteks lokal Mesir menyimbolkan repitisi, pembaharuan, dan lingkaran waktu yang abadi. Hampir sama dengan matahari, ouroboros diyakini harus melalui perjalanan serupa sebelum kembali ke titik awal.

Konsep ouroboros dilanjutkan para ahli alkemia Yunani pada era Helenistik dalam peradaban Alexandria. Pada paham chrysopoeia atau transmutasi menuju emas yang diperkenalkan Cleopatra, ouroboros mempunyai arti yang sedikit berbeda dengan periode sebelumnya.

Kertas papirus dari abad ke-3 sebelum masehi -berisi proses penciptaan emas dan ouroboros-muncul di antara berbagai simbol dan gambar yang mengelilingi terminologi Yunani 'Satu adalah Semua'. Dikenal sebagai simbol alegori tertua dalam alkemia, ouroboros merepresentasikan keabadian dan pengulangan yang tak berujung.

Konsep itu juga menunjukkan awal dan akhir yang sebenarnya satu kesatuan, berbeda dengan keyakinan masyarakat Mesir kuno tentang perjalanan matahari dan aliran Sungai Nil.


Sumber :

https://kuatbaca.com/sosial-budaya/ouroboros-karakter-baru-yang-membawa-keunikan-di-loki-season-16965721187035-912967

https://www.portalyogya.com/hiburan/20810462510/peran-penting-ouroboros-dalam-petualangan-terbaru-seri-loki-season-2

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20230912161632-220-998051/produser-beber-detail-karakter-ke-huy-quan-dalam-loki-season-2/2.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ouroboros#:~:text=Ouroboros%20(atau%20Uroborus)%20adalah%20sebuah,%22ia%20yang%20makan%20ekor%22.

https://www.bbc.com/indonesia/vert-cul-42326448

No comments:

Post a Comment

Related Posts