Sunday, October 29, 2023

Split Decision

Petinju profesional, Tyson Fury, terlibat duel menghadapi mantan jawara kelas berat UFC, Francis Ngannou, dengan laga bertajuk Battle of The Baddest di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (28/10/2023).

The Gypsy King, julukan Tyson Fury, sempat dibuat roboh oleh Ngannou di ronde ketiga. Namun Fury tetap bisa kembali berlaga hingga ronde ke-10. Dan akhirnya anti klimaks, Fury dinyatakan menang angka split decision 96-93, 95-94, 94-95.

Apa itu split decision (angka terpisah)?

Split decision atau keputusan terpisah adalah ketika 2 hakim memberikan kemenangan angka untuk 1 petarung, dan hakim ketiga memberikan kemenangan untuk petarung disisi lain.

Selain Split Decision, pada pertandingan tinju juga dikenal dengan Unanimous Decision dan Majority Decision. Ketiganya merupakan hasil keputusan dari juri jika dalam pertandingan tidak ada kemenangan KO/TKO sampai akhir ronde. Juri mengamati pertarungan lalu mencatat angka berdasarkan penampilan dari ronde ke ronde. Tinju menggunakan sistem skor penilaian 10 poin. 

Keputusan dengan suara bulat (unanimous decision) adalah ketika ketiga juri memberikan kemenangan angka untuk satu petarung. 

Keputusan mayoritas (majority decision) adalah keputusan di mana dua hakim memberikan kemenangan angka untuk satu petarung, dan hakim ketiga memberi skor imbang. 

Split Draw, keputusan juri yang berbeda, satu memilih mendukung satu petarung, yang lain mendukung petarung lainnya dan yang terakhir menyatakan seri. 

Majority Draw, keputusan dua juri memberikan angka hasil imbang, sedangkan juri terakhir memutuskan untuk memberikan skor kemenangan kepada salah satu petinju. 

Unanimous Draw, keputusan dimana ketiga juri tidak bisa memutuskan siapa petinju yang menjadi pemenang, jadi mereka bertiga menyatakan pertandingan seri. 


Sumber :

https://www.juara.net/read/323930030/usai-menang-angka-dari-francis-ngannou-tyson-fury-bilang-begini

https://www.tntsports.co.uk/geoblocking.shtml

No comments:

Post a Comment

Related Posts