Saturday, October 7, 2023

Risiko Telat Ganti Oli Mesin Mobil

Jika kita tidak rutin dalam mengganti oli dari mesin mobil kita hingga terlalu lama maka hal ini akan menyebabkan tidak hanya mesin mobil yang tidak bertenaga namun juga akan mengakibatkan kita harus turun mesin. 

Waktu untuk ganti oli yang direkomendasikan secara berkala adalah berdasarkan jangka waktu yaitu 6 bulan atau berdasarkan jarak tempuh yaitu setiap 5 ribu km, 8 ribu km, hingga 10 ribu km.

Resiko telat ganti oli mobil selain akselerasi akan berubah menjadi semakin berat sehingga mesin tak bertenaga, juga akan menyebabkan boros bahan bakar, hal ini diakibatkan karena mesin bekerja lebih keras sehingga bahan bakar yang dibutuhkan otomatis lebih banyak.

Berikutnya yang juga menjadi dampak telat ganti oli adalah muncul kerak di mesin yang berasal dari gesekan yang terjadi antar komponen mesin dimana kotoran berupa kerak ini saat bercampur dengan oli akan membuat oli berubah menjadi hitam. Jika kotoran ini menumpuk dan dibiarkan akan menjadi sulit untuk dibersihkan dan berpotensi merusak mesin dalam waktu lama.

Selain ganti oli, yang perlu dicek berkala adalah cek air aki mobil dan cek air radiator mesin.

Cara mengecek air aki mobil perlu trik sederhana khusus karena kebanyakan dinding aki basah menggunakan warna putih sehingga agak sulit air aki berada pada garis batas atau tidak. Untuk itu cek lah air aki di siang hari atau jika harus cek di malam hari gunakan penerangan atau senter.

Lalu buka tutup air aki dan lihat ketinggian air aki dari lubang. Jika cairannya normal maka tutup aki akan basah. Jika tidak basah, berarti aki sudah di bawah garis batas.

Jika kurang yakin, maka goyangkan dengan perlahan aki, kemudian perhatikan garis paling atas. Nanti akan terlihat airnya masih dalam batas aman atau berkurang.     


Sumber :

https://www.gridoto.com/read/221001468/tidak-perlu-ribet-ini-cara-sederhana-cek-air-aki-mobil

https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20221202194452-584-882126/risiko-sepele-hingga-ekstrem-telat-ganti-oli-mesin-mobil.

https://www.astra-honda.com/article/efek-telat-ganti-oli-motor#:~:text=Ketika%20oli%20tak%20rutin%20atau,suhu%20mesin%20akan%20semakin%20tinggi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts