Sunday, June 14, 2015

Lagu 90-an


Radio merupakan teknologi lawas yang tidak akan tergantikan meskipun terdapat teknologi yang lebih canggih hadir. Bermula dari televisi, handphone, komputer hingga gadget seperti smartphone.

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara.

Gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik. Pada 1878 David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan, dan menerima gelombang radio. Heinrich Rudolf Hertz yang, antara 1886 dan 1888, pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen, memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang.

Guglielmo Marconi (lahir 25 April 1874 – meninggal 20 Juli 1937) adalah seorang insinyur listrik Italia mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai "radio".

Tahun 1894 Marconi membaca percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz yang dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Marconi lantas tergugah dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram.

Tahun 1895, hanya setahun kerja keras, Marconi berhasil memprodusir peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Pada tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Rutinitas pagi saat berangkat ke kantor yang selalu mengiringi perjalanan adalah mendengarkan radio. Radio yang menjadi radio wajib didengarkan olehku adalah Suara Surabaya yang mempunyai gelombang FM 100,00.

Radio lain yang menjadi alternatif menemani Metro FM. METRO FeMale 88,5 FM mengudara sejak 08 Agustus 2000 berlokasi di Jalan perak Timur 20 Surabaya, berisi informasi seputar kesehatan, kecantikan, karier, keluarga, gaya hidup dan informasi menarik lainnya. Radio Metro FM ini memutar lagu-lagu mulai era '80 an sampai terkini, baik Indonesia maupun Mancanegara.

Yang unik Radio METRO FeMale ini mendapatkan penghargaan MURI dengan predikat ALL CREW PURE FEMALE pada 21 April 2004.

Seperti pagi ini lagu yang diputar adalah lagu "I Stand by You" dari Pretenders, lalu dilanjut lagu "Pergilah Kasih" dari Chrisye, berikutnya "I am With You" dari Avril Lavigne, dan lagu berikutnya "Separuh Nafasku" dari Dewa 19.

Memang jika kita mengendarai kendaraan terutama di jalanan Sidoarjo - Surabaya selalu mengundang emosi jiwa. Oleh karena itu lebih tepat jika ada yang menenangkan emosi kita. Salah satunya adalah lagu-lagu lawas era 90-an yang dapat meredam emosi.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Radio
http://id.wikipedia.org/wiki/Guglielmo_Marconi
http://radiometrofemalefm.com/index.php/en/profile