Tuesday, June 2, 2015

The Pines Taman Dayu

Outbound di The Pines Outbond & Camping Ground

perjalanan ke The Pines Taman Dayu

Pukul 05.58 semua anggota keluarga sudah bangun, sudah sarapan, sudah selesai siap-siap pula dan kami pun berangkat ke tempat berkumpulnya para anak dan orang tua siswa kelas 1C SDN Pucang 1 Sidoarjo ke Taman Pinang Indah, Sidoarjo.

Tepat pukul 06.00 kami sudah berada di lokasi yang dituju, yaitu di depan restoran cepat saji McDonald. Hanya 2 menit kurang karena memang lokasi titik berkumpul dekat sekali, tidak sampai 1.5 km dari rumah.

Semua yang berkumpul adalah para siswa dari SDN Pucang 1 Sidoarjo khususnya kelas 1C.

Pukul 06.00 sebagian besar sudah pada datang namun masih ada sekitar 5 orang yang belum datang, sehingga ditunggu hinga 45 menit lamanya. Sabar. Pukul menunjukkan jam 06.45 semua yang mendaftar sudah berkumpul, namun bis ternyata tidak berangkat juga, ternyata sopir dan kernet sedang memperbaiki mesin bis yang agak ngadat.

perjalanan dimulai tepat pukul 07.00

Dan akhirnya pukul 07.00 bis kembali normal dan perjalanan menuju Taman Dayu dimulai.

Jarak perjalanan dari Sidoarjo ke Taman Dayu cukup dekat, hanya 30 menit, dan praktis hanya butuh waktu 1 jam perjalanan saja, tapi dengan kondisi bis yang ternyata tidak prima dan jalanan agak macet sehingga perjalanan ditempuh hingga 1.5 jam.

Rute perjalanan adalah melewati Tol Sidoarjo - arteri Porong - Kejapanan - Pandaan - Purwosari - Purwodadi. Sampai disini kita akan menemui perempatan, dimana jika lurus kita akan menemui pintu masuk tol (yang masih belum beroperasi), ke kiri arah Pasuruan dan ke kanan adalah arah Malang.

Kita ambil belok kanan, dan tidak sampai 50 meter terlihat pintu masuk ke Taman Dayu di sebelah kanan jalan. Kita belok kanan masuk ke dalam komplek, melewati resto cepat saji KFC dan pertokoan di kanan nya. Masuk ke dalam kita akan bertemu food court yang berada di kanan jalan dan dikiri jalannya kantor pemasaran Taman dayu.

Taman Dayu merupakan kawasan hunian, resort wisata dan pusat bisnis yang terletak di Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan, Prop. Jawa Timur, Indonesia. Di dalam kawasan ini terdapat Taman Dayu Golf Club yang didesain dan disupervisi oleh Jack Nicklaus. Pada tahun 2005 lapangan golf ini mendapatkan predikat dari majalah Golf Digest sebagai "The Best Golf Course in Asia" dan mendapatkan peringkat ke-50 sebagai lapangan golf terbaik di luar US.

Dikembangkan oleh Ciputra Group untuk menjadi kota mandiri, kawasan ini terletak di kaki pegunungan Arjuno dengan akses utama yang berada di Jl. Raya Surabaya-Malang km. 48. Pada bulan Juli 2014 akan segera dioperasikan Jalan Tol Gempol - Pandaan yang lokasi gerbang tolnya berada tepat di depan akses utama kawasan ini.

Alamat lokasi tepatnya dari The Pines Taman Dayu adalah Jl. Raya Surabaya Malang KM 48, Pandaan, Pasuruan 67156, Indonesia, dengan nomor telepon  +62 343 633 411.

Untuk menuju ke "The Pines" kita melewati perumahan Taman Dayu - Water Boom Taman Dayu -padang Golf Taman Dayu lalu menuju ke jalan kecil yang menanjak ke atas bukit. Di bukit inilah letaknya hutan pinus "The Pines".

naik ke The Pines Taman Dayu

Dan tragedi terjadi saat menaiki bukit ini, bis ngadat dan tidak dapat menaiki bukit. Dengan sigap saya dan termasuk para ayah yang menaiki mobil yang berada di belakang bis melakukan evakuasi para siswa dan memindahkan para siswa ke sekitar 5 -6 mobil yang ada. Dan di titik bukit ini perjalanan dilanjutkan menggunakan mobil. Sedangkan bis menuruni bukit kembali untuk dilakukan perbaikan.

aku dan istriku

istriku dan rumah pohon

Di The Pines, kita bisa melakukan berbagai kegiatan out door, seperti penginapan di rumah pohon, camping ground, serta out bond yang berada tinggi di pohon pinus.

Sesampai di lokasi para siswa langsung disambut oleh pembina yang mengkoordinir pelaksanaan outbound dengan berisi permainan yang bertujuan seperti meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat, membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi.

siswa SDN Pucang 1 Sidoarjo

Tujuan outbound yang lain misalnya :
  • Meningkatkan sportifitas yang dapat diterapkan dalam kegiatan kerja sehari- hari
  • Meningkatkan motivasi dalam kerjasama kelompok.
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif
  • Menumbuhkan komitmen pada norma yang disepakati
  • Menumbuhkan semangat berkompetisi dalam konteks untuk mencapai tujuan bersama
  • Membangun sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan permasalahan kerja
  • Melatih membuat perencanaan yang matang dan koordinasi tim yang rapi
  • Melatih kemampuan mengambil keputusan yang efektif dalam situasi sulit
Permainan akhirnya berakhir dengan diakhiri dengan permainan yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak, yaitu permainan flying fox, disukai dan dinanti-nanti karena mengandung unsur fun dan tantangan. .

Flying Fox atau Zip Line adalah game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer. Game ini dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian tertentu melalui wire (cabel baja). Tujuan akhir dari game ini adalah untuk memantapkan sesorang bahwa kita harus bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dan berani berkata "ya" atau "tidak.

Game ini sendiri termasuk dalam kategori  High Impact, sehingga dibutuhkan peralatan yang memadai, safety yang memadai dan juga tenaga operator maupun instruktur yang mempunyai pengalaman yang cukup untuk memainkan games ini. Sejumlah pengaman tersebut berupa :
  • Carnmantel(ropes) sebagai alat safety dan belayer
  • Seat harness alat pengaman tubuh dari ikatan tali
  • Figure of eight sebagai alat safety dan belayer
  • Carabiner sebagai kunci pengaman dan conector sling dan katrol
Tujuan permainan ini adalah untuk melatih peserta untuk
  • Cepat mengambil keputusan
  • Melatih keberanian 
  • Merubah pola pikir 
  • Memberi pengalaman baru 

Setelah bermain flying fox acara diselingi dengan istirahat dan makan siang. Lalu dilanjutkan dengan acara bebas. Dan pada akhirnya pukul 13.00 acara outbound selesai dan saatnya kembali ke Sidoarjo lagi dengan suasana senang dan riang meski badan penat dan lelah.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Dayu
http://www.edukidzment.com/manfaat-outbound-bagi-anak-edukidzment.php
http://kebunbinatangsemarang.com/flying-fox-semarang.html
http://www.bandung-outbound.com/flying-fox.html
http://www.tripadvisor.co.id/ShowUserReviews-g297711-d391664-r145730126-Taman_Dayu-Pasuruan_East_Java_Java.html