Friday, March 16, 2018

Bekam

Jumat malam sepulang kerja, istri ku sudah janjian dengan seseorang yang mampu melakukan terapi bekam. Jasa yang ditawarkan terapi bekam cukup terjangkau, yaitu Rp 50.000 untuk sekitar 1 jam lamanya.

Sedangkan untuk alatnya agar dapat dipastikan steril kita beli sendiri. Harganya pun tidak terlalu mahal yaitu untuk alat bekam yang mirip gelas 1 set adalah Rp 185.000, kemudian pena bekam adalah Rp 150.000 dan terakhir minyak zaitun seharga Rp 20.000
Bekam adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis yang kental yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya.

Dalam berbekam terdapat setidaknya 3 faktor yaitu :
  1. Pengeluaran darah kotor atau darah yang berpotensi mengandung toksin, sehingga sel darah yang rusak atau tidak bagus kinerjanya maka tubuh akan lebih segar dan sehat.
  2. Perbaikan fungsi organ tubuh, dengan perbaikan jaringan dan sel yang ada padanya sehingga bisa berfungsi dan sehat kembali.
  3. Penambahan antibodi tubuh, Organ tubuh yang terinfeksi kuman penyakit dapat sembuh secara alami karena tubuh memproduksi zat antibodi yang bisa membunuh kuman penyakit yang merugikan.

Terapi bekam relatif aman, jikapun ada efek samping tidak terlalu parah, yaitu :
  1. Tubuh terasa sedikit tidak nyaman
  2. Kulit sedikit terasa terbakar
  3. Memar
  4. Infeksi kulit

Tapi jika dilakukan dengan hati-hati oleh orang yang profesional dan sudah ahli di bidang, insyaAllah aman.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bekam
http://www.abualbanicentre.com/bekam-al-hijamah
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/apa-itu-bekam-manfaat-dan-risiko/