Friday, March 2, 2018

Osgood-Schlatter Disease

Di pagi hari Rafa mengeluhkan lehernya sakit terutama saat menelan. Kemungkinan terkena radang. Malam harinya anakku demam, dia juga mengeluhkan lutut sebelah kirinya sakit. Entah demamnya ini karena radang atau karena sakit pada lutut.

Aku coba browsing di internet, untuk mencari artikel mengenai hal tersebut. Ada 2 artikel yang menarik, yaitu mengenai Osgood-Schlatter Disease. Apa itu Osgood-Schlatter Disease?

-----

Osgood-Schlatter Disease atau penyakit tulang tibial tuberosity depan adalah kondisi nyeri di sekitar sendi lutut, yaitu biasanya pada bagian tulang yang menonjol di bawah tempurung lutut (yaitu tulang yang menopang otot kuadrisep paha).

Umumnya diderita oleh remaja pria berusia 11-18 tahun yang sedang dalam masa pertumbuhan dan penguatan tulang. Penyakit ini tidak menyebabkan kerusakan permanen, dan kebanyakan penderita dapat sembuh seperti semula.

Gejala penyakit Osgood-Schlatter biasanya muncul setelah olahraga. Yaitu nyeri dan pembengkakan pada bagian paha bawah tepat di atas lutut pada satu kaki atau keduanya. Rasa sakit akan bertambah apabila lutut dipaksa bergerak atau tulang di sekitar persendian lutut mengalami gesekan.

Segera hubungi dokter jika anak tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari karena rasa nyeri pada lutut mereka, atau saat lutut terlihat membengkak dan kemerahan, diikuti dengan gejala demam, atau kesulitan untuk menggerakkan lutut.

Penyebab Osgood-Schlatter disebabkan olahraga yang terlalu keras sehingga mengganggu sistem otot dan tulang padahal keduanya belum berkembang cukup kuat, sehingga menyebabkan luka pada lutut.

Terutama penggunaan otot kuadriseps (salah satu otot paha) yang berlebihan. Gerakan olahraga membuat otot kuadriseps berkontraksi dan menarik tendon yang melekatkan tempurung lutut dengan tulang tibia. Tarikan yang terus menerus akan menyebabkan cedera dan pada beberapa kasus, tulang sang anak akan mencoba menumbuhkan tulang baru pada bagian yang cedera.

Penyakit Osgood-Schlatter lebih sering menyerang anak usia pubertas, terlebih remaja pria. Olahraga yang menjadi pemicu adalah gerakan olahraga seperti lari, loncat, dan perubahan gerakan secara tiba-tiba.

Penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia penderita. 

Ada baiknya konsultasikan kepada dokter, namun ada beberapa tips yang diberikan dari artikel tersebut, yaitu :

Anak akan merasakan lebih baik setelah beristirahat sebentar, tidak dianjurkan untuk berolahraga sampai setidaknya beberapa minggu.
Mengompres dengan es pada bagian yang sakit 2-4 kali sehari.
Hindari melakukan kegiatan yang terlalu banyak menggerakan lutut atau kaki selama 15-30 menit setelah dan sebelum operasi


Sumber :
https://hellosehat.com/penyakit/osgood-schlatter-disease/
http://www.nunuhalimi.com/2016/07/anak-sering-mengeluh-nyeri-lutut-dan.html