Saturday, February 24, 2018

Run (pemula)

Tiga (3) tahun lalu artikel mengenai run atau lari sudah dituliskan, namun realisasinya masih belum berjalan dengan baik. Mungkin tidak berjalan dengan baik karena tidak dijalankan dengan benar. Agar bisa baik dan benar mungkin perlu tips yang sesuai.

Ada banyak alasan untuk mulai berolahraga lari, namun juga banyak "alasan" untuk tidak lari. Jadi lari memerlukan niat. Tidak cukup niat, perlu panduan lari untuk pemula, agar tidak cepat. Berikut adalah tips lari yang baik dan benar.
  1. Berjalan, mulailah dengan berjalan cepat dengan bertempo karena berjalan cepat memiliki gerak yang sama dengan berlari. 
  2. Sabar, tingkatkan jarak tempuh dan durasi berlari dan berjalan secara bertahap, mulailah lari dengan ringan dan tingkatkan kecepatan Anda secara perlahan.
  3. Sepatu lari, sepatu yang salah dapat menjadi penyebab cedera saat berlari. Sepatu lari dirancang secara khusus untuk menghindari potensi cedera. 
  4. Rencana, dengan program lari atau rencana yang terinci kita bisa memantau jarak tempuh dan kecepatan lari kita, sehingga kemudian bisa meningkatkan waktu latihan Anda secara bertahap untuk membangun kekuatan tubuh. 
  5. Metode run/walk, yaitu lari selama satu menit, lalu berjalan satu menit, setelah itu tingkatkan durasinya lari menjadi 2 menit dan jalan tetap 1 menit, lalu tingkatkan lagi menjadi 3, 4, dan 5 menit lari dan interval jalan satu menit. 
  6. Waktu, fokus pada waktu, bukan jarak atau kecepatan Anda.

Sumber :
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/olahraga-lari/tips-lari-untuk-pemula/
http://health.liputan6.com/read/3146408/4-tips-mudah-bagi-pelari-pemula