Sunday, February 18, 2018

Hamburger dan Genghis Khan

Hamburger konon ditemukan pada abad ke-13 oleh Genghis Khan, yang merupakan pemimpin Kekaisaran Mongolia dengan kekuasaaan terbentang dari pantai timur Cina sampai ke ujung Eropa Timur.

Tentara Kalvari perlu melakukan perjalanan berhari-hari dengan mambawa ransum dengan cara memasukkan potongan daging ke dalam roti kecil di bawah pelana kuda mereka, sehingga dagingnya akan lunakkan.

Sebagai makanan khas dari bangsa Tartar, yaitu bangsa nomade yang sering melakukan perjalanan jauh dengan menunggang kuda, makanan berupa daging cincang disantap tanpa dimasak dan hanya diberi perasan jeruk.

Karena jika tidak daging yang mereka bawa menjadi keras dan tidak layak untuk dimakan, sehingga dengan meletakkan daging yang mereka bawah itu di bawah sadel kuda mereka, daging akan tetap dalam keadaan hangat dan bisa langsung dimakan tanpa dimasak dan hanya diberi dengan perasan jeruk nipis.

Dari Asia Tengah ini kemudian dibawa oleh para pelaut Eropa ke negaranya, tepatnya ke kota Hamburg karena masyarakat di sana pada umumnya mengganggap bahwa mereka adalah bangsa yang beradab, mereka menolak memakan daging yang tak dimasak, maka daging khas Tartar tersebut mereka masak terlebih dahulu sebelum disantap dengan cara dibakar atau digoreng.

Daging Hamburg tersebut kemudian dibawa para imigran Hamburg ke Amerika. Kemudian dari Amerika burger tercipta, yakni roti bulat yang diisi daging dengan berbagai sayur dan acar, mulai dikenal hingga sekarang.

Burger atau hamburger pertama diciptakan dua bersaudara dari Ohio, yakni Frank dan Charles Menches dari negara Ohio, Amerika Serikat. Awalnya mereka menjajakan sandwich dengan isi sosis. Namun, suatu saat mereka kehabisan sosis, akhirnya mereka mengganti dengan daging sapi cincang sebagai isian untuk rotinya. Makanan yang ditemukan dengan tidak sengaja itulah menjadi disukai banyak orang yang kemudian menjadi Burger.


Sumber :
https://firstwefeast.com/eat/2014/12/genghis-khan-created-the-hamburger
https://id.routestofinance.com/how-burger-became-america-s-favorite-restaurant-food
http://ridwanaz.com/resep/makanan/sejarah-hamburger-dan-penemunya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Hamburger
https://pergikuliner.com/blog/asal-usul-sejarah-burger-yang-perlu-kamu-ketahui