Saturday, February 17, 2018

Tinju Buat Pemula

Ketertarikan pada tinju sebagai hobi kembali muncul saat bulan Mei tahun 2015 terjadi pertandingan besar antara Floyd Mayweather Jr vs Manny Pacquiao, dimana juri memberikan kemenangan pada Mayweather dengan menang mutlak atau unanimous decisions karena ketiga-tiganya memberikan kemenangan angka kepada Mayweather, yaitu 118-110, 116-112, 116-112.

Kemudian ketertarikan tinju sebagai hobi sirna kembali.

Lalu timbul lagi pada bulan Juni tahun 2016 yaitu saat petinju terbesar di dunia yaitu Cassius Marcellus Clay atau Muhammad Ali meninggal dunia.

Tinju merupakan olahraga yang melibatkan kebugaran fisik, stamina dan mental. Untuk itu kita harus latihan beban, dips, push up, pull up, jongkok agar mempunyai sikap yang tangkas dan kokoh, setidaknya satu jam tiap hari untuk latihan fisik ini. Dan jangan lupa asupan makanan disertai dengan diet khusus dan terkendali.


Sebagai pemula, ada 4 pukulan dasar yang wajib diketahui dan dicoba, yaitu :

1. Jab
Jab merupakan pukulan lurus ke depan, dilontarkan dengan tangan kiri (jika petinju tersebut bergaya ortodoks atau dengan tangan kanan jika petinju tersebut bergaya kidal) .

2. Straight
Straight merupakan pukulan lurus yang dilontarkan setelah pukulan Jab, untuk petinju ortodoks  pukulan straight dilontarkan dengan pukulan kanan (karena tangan kanan lebih keras dari tangan kiri), dan sebaliknya untuk petinju kidal.

3. Hook
Hook merupakan pukulan yang seperti kait yang dapat dilontarkan dengan tangan kanan maupun kiri.

4. Uppercut
Uppercut merupakan pukulan pendek yang dilontarkan dari bawah, posisi tangan dan siku petinju membentuk huruf “V” dengan sasaran utama perut, ulu hati dan dagu lawan.


Selain untuk kebugaran tinju atau boxing juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk meratakan perut atau melatih kardio, sehingga dengan latihan boxing dapat meratakan perut. Karena gerakan boxing mirip dengan gerakan body workout biasa atau gerakan fitnes. Boxing akan melatih kardio dengan intensitas yang lebih tinggi.


Sumber :
https://taufanyanuar.wordpress.com/2012/03/09/jenis-pukulan-tinju/
http://www.griyabugar.com/tips-gerakan-untuk-meratakan-perut-dengan-boxing.html