Saturday, February 3, 2018

Hitchhiker's Thumbs

Aku termasuk orang yang memiliki hitchhiker's thumbs yaitu ibu jari atau jempol yang posisinya  membungkuk ke belakang dengan sudut yang besar antara dua segmen (falang). Jempol Hitchhiker konon disebabkan karena faktor genetika.

Memiliki jempol hitchhiker bukanlah keuntungan atau kerugian. Jenis pembengkokan ini tidak mempengaruhi fungsi ibu jari dan juga tidak menimbulkan rasa sakit. Selain kondisi ini tidak menyakitkan dan juga tidak menghambat fungsi ibu jari dengan cara apapun.


Jempol Hitchhiker atau hitchhiker's thumbs bisa terjadi pada salah satu atau kedua ibu jari.

Gangguan genetik ini terjadi pada tahap apapun selama kehamilan. Sebagian besar gangguan cenderung mempengaruhi bayi sebelum bulan ketiga (saat pembentukan organ terjadi). Meski hitchhikers bersifat genetik, orang tua tidak selalu bertanggung jawab atas cacat pada anak ini. Jika kedua orang tua tersebut memiliki jempol lurus, ada kemungkinan anak tersebut terkena dampak ibu jarinya.

Jika satu orang tua memiliki ibu jari jempol sementara yang lain memiliki jempol lurus, ada kemungkinan anak tersebut mendapatkan salah satu dari struktur jempol (lurus atau hitchhiker). Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan anak dilahirkan dengan kelainan, meski ibu dan ayah bebas dari risiko genetik.

Jempol Hitchhiker tidak mempengaruhi kemampuan orang tersebut untuk menggunakan tangan mereka dengan cara apa pun.


Sumber :
https://udel.edu/~mcdonald/myththumb.html
https://www.news-medical.net/health/Genetics-of-Hitchhikers-Thumb.aspx
https://www.healthline.com/health/hitchhikers-thumb