Monday, May 27, 2019

Tips Memilih Sepatu Lari

Tahun 2018 lalu, aku membeli 2 sepatu yang alhasil mengakibatkan sakit di kaki saat melakukan aktivitas lari tiap hari SJM (Selasa Jumat Minggu). Termasuk juga saat mengikuti lomba lari Surabaya Marathon 2018.

Senjata olahraga lari memang hanya satu, yaitu sepatu. Untuk itu kita perlu mencari sepatu dengan kualitas yang bagus. Pada umumnya terdapat beberapa kesalahan dalam memilih dan membeli sepatu lari, yaitu :
  1. Karena modelnya, membeli sepatu hanya karena keren namun ternyata kurang nyaman dipakai. Ingat lari bukan sekadar fashion.
  2. Sepatu yang kekecilan, jika terlalu sempit maka dapat membuat kaki lecet, atau kapalan. Sepatu yang pas dan nyaman adalah bagian depan sepatu punya cukup ruang untuk ujung-ujung jari kakimu bernapas dan bergerak dan bagian belakang sepatu yang pas di tumit dan tidak terasa longgar saat dipakai berlari.  
  3. Waktu yang salah, ukuran kaki kita bisa berubah tergantung jam. Karena di pagi hari ukuran kaki kita sedang mengecil. Kemudian kaki kita mulai membesar sampai sore.
  4. Menebak ukuran kaki, ukuran-ukuran sepatu berbeda tiap merk.
  5. Terpengaruh komentar orang lain
  6. Karena hargnya murah, jika salah beli justru menjadi buang-buang uang dan bisa cedera.

Jadi belilah sepatu dengan benar-benar memperhatikan aspek yang harus dipertimbangkan ketika memilih sepatu, termasuk gaya berlari dan cara lari Anda. Berikut adalah bagaimana cara memilih sepatu yang benar.
  1. Pilih yang Sesuai Bentuk Kaki, dimana bentuk kaki setiap orang tentunya berbeda, setidaknya ada tiga bentuk telapak kaki yaitu normal arch, low arch, dan high arch.
  2. Sesuaikan Sepatu dengan Medan Lari
  3. Pertimbangkan Berat Badan
  4. Pilih yang Dilengkapi Bantalan Empuk
  5. Perhatikan Kelenturan Sepatu
  6. Sesuaikan Ukuran Sepatu
  7. Seimbangkan Bobot dan Sol dengan Kemampuan Lari
  8. Bedakan Sepatu Lari dan Training, sepatu training memiliki foam yang lebih tebal dari sepatu lari. Sepatu lari memiliki bobot lebih ringan dibandingkan sepatu training. Sol bawah sepatu running lebih halus daripada sol bawah sepatu training.
  9. Kaos Kaki, kaos kaki dapat mengurangi slip ketika berlari. 


Sumber :
https://www.tokopedia.com/blog/tips-memilih-sepatu-lari/
https://hellosehat.com/cek-kesehatan/kebutuhan-kalori/tips-memilih-sepatu-lari-yang-sehat
http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2018/14723/6-kesalahan-paling-umum-saat-membeli-sepatu-lari

No comments:

Post a Comment

Related Posts