Friday, November 4, 2022

Batuk Setelah Minum Es

Apakah ada hubungannya minum es dengan batuk? Karena penasaran aku cari informasi di berbagai sumber.

Beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu sering mengalami batuk usai minum es. Salah satu yang memicu batuk usai minum es adalah karena bisa jadi karena alergi dimana bisa jadi terdapat alergi terhadap produk yang ada di dalam minuman tersebut. 

Atau jika tidak ada kandungan alergen dalam minuman yang terdapat es batu tersebut, bisa jadi terdapat kandungan bakteri di dalamnya. Berbeda halnya jika air yang digunakan untuk membuat es benar-benar bersih dari kuman.

Sehingga karena zat tertentu tersebut tubuh menganggapnya sebagai ancaman potensial yang harus segera dihilangkan, salah satunya dengan batuk sebagai reaksi tubuh.

Kondisi lain karena terjadi pengerasan lendir yang terjadi saat kita minum es lalu menetes perlahan ke kerongkongan dan menyebabkan trakea menjadi dingin sehingga lendir di dalamnya mengental. Lendir yang mengental tersebut membuat tenggorokan terasa gatal dan memicu batuk. Sehingga air liur menjadi kental dan menjadi dahak.

Sehingga dapat disimpulkan minum es memperparah gejala radang tenggorokan semakin berat sehingga kemudian bisa memicu batuk.

 

Sumber :

https://health.kompas.com/read/2022/02/15/130000668/4-hal-yang-membuat-kita-batuk-usai-minum-es?page=all.

https://www.halodoc.com/artikel/minum-es-sebabkan-radang-tenggorokan-benarkah

https://nova.grid.id/read/053146778/mengapa-kita-batuk-setelah-minum-es-ternyata-penyebabnya-bukan-cuma-infeksi?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts