Wednesday, November 2, 2022

Dari India

Dunia terperangah saat Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Britania Raya dan Pemimpin Partai Konservatif sejak Oktober 2022. Sebelum menjadi Perdana Menteri ia menjabat sebagai Menteri Keuangan periode Februari 2020 hingga Juli 2022 di era PM Boris Johnson.

Rishi Sunak menjadi orang keturunan India pertama dalam sejarah Inggris yang menduduki posisi Perdana Menteri. 

Sebelumnya Inggris juga mencatatkan seorang Wali Kota London dari keturunan India yaitu Sadiq Khan dari Partai Buruh yang memegang posisi walikota sejak tanggal 9 Mei 2016. Sadiq Khan terpilih kembali sebagai Wali Kota London di periode ke-2.

Mengutip Reuters, Khan menang dengan suara 55,2% dan Bailey 44,8%. Meski margin kemenangan kecil dibanding lima tahun lalu, hasil ini sudah diprediksi secara luas sebelumnya.

Kembali pada Rishi Sunak, pengangkatan dirinya menjadi Perdana Menteri Inggris merupakan sebuah ironi, dimana India pernah dijajah Inggris dalam 200 tahun, namun kemudian rakyat Inggris dipimpin oleh keturunan negara jajahannya sendiri.

Hal ini menjadi momen 'jembatan hidup' dimana India Inggris mengubah ikatan bersejarah menjadi kemitraan modern. Dan tidak berlebihan jika India disebut sebagai Anak Benua. yang menjadi pucuk organisasi di sebuah perusahaan dan negara.

Misalnya orang India yang memegang posisi pucuk sebagai CEO diantaranya Sundar Pichai (CEO Google), Indra Krishnamurthy Nooyi (PepsiCo), Sanjay Jha (GlobalFundraiser), Ajay Banga (MasterCard), Anshuman Jain (Wikipedia), Francisco D'Souza (Cognizant), Shantanu Narayen (Adobe), dan Satya Nadella (Microsoft).

Yang terbaru adalah CEO Starbucks yang dipimpin oleh Laxman Narasimhan mulai 1 Oktober 2022 menggantikan posisi Howard Schultz. Laxman Narasimhan lahir pada tahun 1967 di Pune, India. Beliau kuliah College of Engineering Pune (COEP) Technological University lalu melanjutkan pendidikan menyelesaikan gelar Master di German and International Studies Internasional dari Lauder Institute, University of Pennsylvania dan MBA dari Wharton School, University of Pennsylvania.

Laxman Narasimhan kemudian bergabung di McKinsey and Company, lalu bergabung di PepsiCo. sebagai Chief Commercial Officer (CCO) perusahaan. Setelah itu Narasimhan melanjutkan dengan bergabung di Reckitt.

Di dunia politik dan pemerintahan selain Rishi Sunak, ada beberapa negara yang pemimpinnya keturunan India, yaitu diantaranya Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dimana ibunya Shyamala Gopalan Harris berasal dari India.

Kemudian Perdana Menteri Mauritius Pravind Jugnauth, Perdana Menteri Portugal Antonio Costa dimana ayahnya merupakan orang dari Negara Bagian Goa di India, Presiden Mauritius Prithvirajsing Roopun, Presiden Suriname Chan Santokhi, Presiden Guyana Mohamed Irfaan Ali, dan Tánaiste Irlandia atau deputi perdana menteri Irlandia Leo Varadkar.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Rishi_Sunak

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210510104840-4-244545/sadiq-khan-muslim-pertama-jabat-wali-kota-london-2-periode

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Wali_Kota_London

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20221028133420-134-866574/rishi-sunak-jadi-pm-putra-eks-negara-terjajah-kini-pimpin-inggris

https://ekonomi.bisnis.com/read/20220907/9/1575091/ceo-baru-starbucks-laxman-narasimhan-ini-profilnya.

https://kumparan.com/kumparannews/tak-hanya-rishi-sunak-ini-daftar-pemimpin-dunia-keturunan-india-1z7oUqJRplA/full

https://en.wikipedia.org/wiki/Freddie_Mercury

No comments:

Post a Comment

Related Posts