Tuesday, November 1, 2022

Cost Benefit Analysis

Cost benefit analysis atau analisis manfaat biaya dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi bisnis sehingga dengan dokumen perhitungan ini dapat menghindari bisnis dari berbagai risiko kerugian.

CBA (cost benefit analysis) merupakan proses membandingkan atau analisis perkiraan biaya dan manfaat yang terkait dengan keputusan proyek bisnis, sehingga dapat ditentukan apakah pelaksanaan proyek masuk akal dari perspektif bisnis.

Metode penghitungan melibatkan semua biaya proyek dan mengurangi jumlah dari total manfaat yang diproyeksikan perusahaan.

Perusahaan manufaktur membutuhkan cost analysis untuk mengaudit pengeluaran untuk biaya produksi. Hal ini dikarenakan pada perusahaan manufaktur sangat berpotensi memiliki biaya yang membengkak. 

Oleh karena itu dengan cost analysis atau staff analisis biaya maka perlu adanya agar memonitor biaya-biaya tidak penting untuk mengefektifkan pengeluaran perusahaan. Cost analysis mengumpulkan data-data keuangan seperti pembelian bahan baku, perawatan mesin, penyimpanan, dan biaya yang lainnya. 

Tuganya akan berkaitan dengan tugas dari cost accounting, yaitu membuat / menyusun / menganalisa COGM (Cost of Goods Manufacturing) dan COGS (Cost of Goods Sold). Menganalisa Fix Cost, Variable Cost, Overhead Cost, dan Harga Pokok Produksi, serta efisiensi biaya. Melakukan proses stock opname secara berkala sesuai kebutuhan.


Sumber :

https://glints.com/id/lowongan/cost-benefit-analysis-adalah/#.Y2HffHZBzIU

https://www.kitapunya.net/cost-analysis-akuntan-biaya/

No comments:

Post a Comment

Related Posts