Friday, November 4, 2022

INTJ

Setelah 3 tahun mencoba Tipe Kepribadian MBTI, kali ini aku mencoba lagi dengan melalui web yang berbeda yaitu https://www.16personalities.com. Setelah mencoba ternyata hasilnya tetap konsisten. Yaitu INTJ (Introversion, Intuition, Thinking, Judgement) yang katanya merupakan salah satu kepribadian langka di dunia dengan presentase hanya 1-2 % dari populasi.

Sehingga tidak heran jika orang berkepribadian INTJ seringkali merasa seperti seorang alien di bumi.

Sedangkan tipe kepribadian yang paling umum di dunia adalah ISFJ yaitu mewakili sebanyak 14% dari seluruh populasi. Tipe kepribadian paling umum berikutnya adalah ESFJ yang terdapat sekitar 12% dari populasi dunia. Lalu berikutnya adalah tipe kepribadian ISTJ yang juga dapat ditemukan di 12% populasi dunia. 

Kita kembali ke INTJ.

Disebutkan katanya INTJ cenderung stabil, handal, dan berdedikasi. Serta mampu menahan emosi yang kuat dan tidak suka membuang-buang waktu dengan apa yang mereka anggap irasional. Hal ini dapat menyebabkan non-INTJ menganggap INTJ jauh dan pendiam.

Dari kejauhan, INTJ mungkin terlihat dingin dan tidak ramah.

INTJ tampak dingin, pendiam, dan tidak responsif. Dalam situasi sosial, INTJ mungkin juga tidak responsif dan dapat mengabaikan ritual kecil yang dirancang untuk membuat orang lain nyaman. Sebagai contoh, INTJ dapat menganggap bahwa berkomunikasi seperti obrolan ringan adalah buang-buang waktu. 

Orang dengan kepribadian INTJ tampil sebagai intorvert yang sibuk dan teratur, yang sama inovatifnya dengan pekerja keras. Sementara kekurangan dari kepribadian satu ini adalah kurangnya kebijaksanaan, perilaku obsesif, sulit bersantai, tidak sabaran, dan terlalu ambisius.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/INTJ#:~:text=INTJ%20adalah%20seorang%20introvert%20yang,kurang%20bergaul%20dibanding%20orang%20lainnya. 

https://www.promilenial.com/gaya-hidup/pr-2504962608/ini-5-peringkat-tipe-kepribadian-mbti-yang-paling-umum-dimiliki-orang-di-seluruh-dunia?page=3

https://www.idntimes.com/life/inspiration/emma-kaes/sering-dianggap-aneh-kelebihan-orang-intj-c1c2#google_vignette

https://www.suara.com/health/2021/12/09/160725/dari-semua-tipe-dalam-mbti-kepribadian-langka-intj-hanya-dimiliki-2-orang-di-dunia

No comments:

Post a Comment

Related Posts