Thursday, November 3, 2022

Error EC (lagi)

Bulan November ini merupakan tepat 3 tahun kita telah menggunakan AC di kamar sebelum ganti, saat itu semula yang diganti adalah hanya Indoor AC saja (20 November 2019), karena menurut teknisi AC (kita sebut teknisi X) langganan untuk outdoor AC masih bagus.

Kita iya kan masukan dari teknisi tesebut.

Namun tidak sampai sebulan yaitu pada 10 December 2019 ternyata Outdoor / Kompresor AC juga rusak dan tidak bisa digunakan juga, sehingga kita putuskan untuk diganti juga. Setelah itu AC normal digunakan hanya cuci AC rutin seperti biasa.

Lalu di tanggal 23 April 2021 tiba-tiba AC tidak dingin. Kita panggil teknisi AC yang lain (kita sebut teknisi Y) untuk cek. Setelah dicek ternyata Freon AC habis, sehingga kita harus mengisi kembali gas freon tersebut. Setelah diisi AC kembali dingin kembali.

Kemudian belum sampai 1 tahun tepatnya tanggal 4 December 4 2021 terjadi gumpalan bunga es yang setelah dicek oleh teknisi AC katanya gas Freon berkurang, yang mengharuskan kita harus mengisi gas freon kembali.

Dan tidak sampai 1 bulan yaitu pada 17 December 2021 AC kembali tidak dingin hingga mati lalu muncul indikator Error EC. Karena waktunya terlalu dekat dari kerusakan sebelumnya, maka kita cari dan panggil teknisi AC lain (kita sebut teknisi Z).

Menurut teknisi yang terakhir ini terjadi kebocoran. Oleh karena itu AC harus dibongkar baik unit indoor maupun outdoor untuk dicek dibengkel teknisi tersebut. Setelah 2 hari, AC sudah selesai diperbaiki dan dipasang kembali seperti sedia kala.



Hari kamis kemarin setelah hampir 1 tahun tiba-tiba muncul Error EC pada AC. Akhirnya kita panggil teknisi AC untuk cek. Dan penyebabnya juga mirip, yaitu freon habis yang kemungkinan terjadi kembali kebocoran.

Sementara kita iya kan kembali.

Jika kita lihat di beberapa website, dijelaskan bahwa kode error EC pada AC menunjukkan bahwa telah terjadi permasalahan pada sistem yang ada pada AC karena mendeteksi kebocoran. Beberapa penyebabnya yaitu kebocoran pada refrigen, pemasangan AC yang buruk, adanya masalah di bagian sensor, dan masalah yang terjadi pada bagian PCB indoor maupun outdoor.

Semoga tidak error lagi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts