Wednesday, November 30, 2022

Don't Follow Rules, Follow Principles.

Seminggu terakhir ini lagi heboh kembali mengenai email Elon Musk yang katanya bocor atau "bocor" oleh karyawannya. Sebagian menduga hal ini valid dan sebagian yang lain mengatakan ini tidak valid. 

Namun Elon Musk sama sekali tidak masalah jika email dia ke karyawan di Tesla tersebar kemana-mana, selama hal tersebut bermanfaat dan berdampak positif buat orang lain.

Isi email tersebut mengenai meeting yang tidak terkelola dengan sangat baik merupakan greatest productivity killer. Karena meeting atau rapat merupakan salah satu productivity killer, oleh karena itu harus dimanage dengan baik.

Sehingga kita harus hati-hati menjadwalkan meeting terutama jika hal tersebut bukan hal yang penting. Kehati-hatian ini menjadikan karyawan-karyawan Tesla pada produktivitas yang tertinggi.

Karena penasaran aku searching di internet, dan aku temukan artikel tersebut di website Kompas.com tanggal 19 April 2018 dengan judul 6 Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Ala Bos Tesla Elon Musk.

Berikut 6 cara dari Elon Musk untuk meningkatkan produktivitas pekerjaannya:

#1. Hindari Meeting Besar

Karena meeting besar membuang waktu dan energi, selain itu meeting besar juga hanya memicu perdebatan, peserta cenderung tertutup dan tidak cukup waktu buat semua peserta berkontribusi


#2. Tinggalkan Meeting Jika Kita tidak Berkontribusi Nyata

Jika meeting tidak membutuhkan masukan kita, value kita dan keputusan kita, maka artinya kehadiran kita tidak ada gunanya.


#3. Lupakan Perintah Bertingkat-tingkat

Berkomunikasilah dengan rekan kerja secara langsung, tidak perlu melalui supervisor atau manager. Komunikasi yang lugas dan cepat akan mempercepat diambilnya keputusan-keputusan. Keputusan yang cepat itu merupakan "competitive advantage" kita.


#4. Bicaralah dengan Jelas, Tidak Perlu Terlihat Pintar

Hindarilah kata-kata tanpa makna atau istilah-istilah canggih yang malah membingungkan orang lain, sehingga hal tersebut menghambat komunikasi. Gunakan kata yang ringkas, to the point dan mudah dimengerti. Tidak perlu terlihat pintar, tapi efisien-lah.


#5. Buang Meeting Rutin yang Tidak Perlu

Hal tersebut akan membuang-buang waktu team. Gunakan meeting untuk berkolaborasi, menyelesaikan issue yang dihadapi bersama, men-solusi-kan masalah yang urgent. Ketika issue terselesaikan, meeting rutin dan terjadwal sudah tidak diperlukan lagi.

Gunakan cara penyelesaian issue tanpa meeting seperti komunikasi melalui pesan singkat, email, dan saling update progres. Jangan menginterupsi workflow team dengan hal yang tidak penting.


#6. Gunakan Nalarmu

Jika aturan perusahaan mulai tidak masuk akal, tidak berkontribusi untuk progress kita, tidak bisa diterapkan secara spesifik untuk pekerjaan kita, maka jangan menuruti aturan dengan buta, tabrak aturan jika perlu. 

Don't follow rules. Follow principles.


Sumber :

https://www.linkedin.com/in/saiful-islam-32985832/recent-activity/

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/19/061551326/6-cara-meningkatkan-produktivitas-perusahaan-ala-bos-tesla-elon-musk?amp=1&page=2.

No comments:

Post a Comment

Related Posts