Sunday, December 4, 2022

Mobil Berdecit

Tiba-tiba pagi ini saat menyalakan mobil terdengar bunyi berdecit. Hal ini cukup mengganggu. Untuk itu aku mencoba mencari referensi penyebab bunyi berdecit tersebut. 

Mobil berdecit saat baru dihidupkan di pagi hari disebabkan oleh sabuk (belt) mobil. Sabuk tersebut berfungsi untuk memutar komponen di bagian mesin mobil seperti water pump, pompa oli, alternator, kompresor AC, power steering, idler pulley dan kipas pendingin radiator. 

Karena komponen sabuk bekerja secara terus menerus mulai dari mesin dihidupkan hingga mesin dimatikan, umur dari sabuk bisa dikatakan cukup singkat. Letak dari komponen yang terhubung dengan pulley mesin ini cukup terbuka sehingga mudah ‘terekspos’ terkena cipratan air, lumpur, tanah hingga kerikil sehingga menyebabkan bunyi berdecit pada mobil di bagian mesin.

Untuk menghilangkan bunyinya sebelum dibawa ke bengkel untuk diperbaiki kita bisa meredam bunyi berdecit pada mobil dengan cara menyemprotkan campuran air dengan sabun. Cara lain mengurangi bunyi berdecit adalah dengan mengoleskan grease (gemuk pelumas) pada sabuk atau pulley yang mengeluarkan decitan. Dan cara lainnya untuk menghilangkan bunyi berdecit pada mobil adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih sabuk. 


Sumber :

https://www.hondasolobaru.co.id/mobil-berdecit-cek-penyebabnya-dibagian-ini/#:~:text=bunyi%20berdecit%20pada%20mobil%20saat,pulley%20dan%20kipas%20pendingin%20radiator

No comments:

Post a Comment

Related Posts