Tuesday, December 27, 2022

Knives Out

Film dimulai saat Fran menemukan Harlan Thrombey, majikannya tewas dengan sebilah pisau di tangan. Berdasarkan penyelidikan Harlan tewas karena bunuh diri.

Satu minggu kemudian Marta Cabrera, perawat pribadi Harlan, dikejutkan dengan penyelidikan lanjutan yang dilakukan oleh seorang detektif swasta bernama Benoit Blanc. Seluruh anggota keluarga Thrombey diinterogasi ulang. Blanc disewa oleh seorang anonim untuk menyelidiki kasus kematian Harlan tersebut. 

Dari interogasi tersebut kita mengetahui bahwa Harlan Thrombey adalah seorang novelis misteri kaya yang sedang mengadakan pesta ulang tahun ke-85 di rumahnya di Massachusetts. Kemudian terungkap bahwa Harlan mengancam akan mengungkap menantu laki-lakinya Richard karena selingkuh dari putrinya Linda. 

Lalu juga Harlan hendak memotong tunjangan menantu perempuannya Joni yang ternyata mencuri dari dia. Dan Harlan juga memecat Walt, putranya dari perusahaan penerbitannya, serta Harlan juga berselisih dengan cucunya Ransom.

Kesimpulan sementara hampir seluruh anggota keluarga Thrombey memiliki motif untuk membunuh Harlan.

Blanc menginterograsi Marta yang tidak dapat berbohong karena jika berbohong dia akan mual dan muntah. Di malam kematian Harlan, obat yang seharusnya diberikan kepada Harlan tertukar sehingga salah satu obat yaitu morfin diberikan dengan dosis 100 yang seharusnya hanya 3.

Di saat genting, Marta tidak dapat menemukan obat penawarnya. Harlan pun menyusun sebuah skenario bunuh diri agar Marta tidak dituduh melakukan malpraktik. Harlan ingin menyelamatkan keluarga Marta dari pengawasan (ibunya adalah seorang imigran tidak berdokumen), Harlan memberikan instruksi untuk membuat alibi palsu dan kemudian menggorok lehernya sendiri.

Keesokan harinya, saat pembacaan warisan, semuanya heboh karena Harlan mewariskan seluruh hartanya pada Marta.

Marta kemudian menerima surat kaleng berisi pemerasan dengan sebagian fotokopi laporan toksikologi Harlan. Hal yang dikhawatirkan bahwa dari laporan tersebut bisa terungkap kesalahan pemberian obat oleh Marta.

Marta dibantu Ransom pergi ke kantor pemeriksa medis, tetapi ternyata kantor itu telah terbakar. 

Lalu Marta menerima email yang mengusulkan pertemuan dengan pengirim surat kaleng. Blanc dan polisi melihat mereka, dan setelah pengejaran singkat dengan mobil, Ransom ditangkap; Blanc menjelaskan bahwa ibu Harlan melihat Ransom turun dari kamar Harlan pada malam kematiannya. 

Di tempat pertemuan, Marta menemukan Fran, dalam keadaan terbius. Dia melakukan CPR dan memanggil ambulans. 

Marta pun mengaku semuanya kepada Blanc. Dimana sebelumnya telah Ransom mengaku kepada polisi yang menangkapnya. Marta pun memutuskan untuk memberi tahu keluarga bahwa dia menyebabkan kematian Harlan, yang akan membatalkan surat wasiat.

Beruntung, saat kembali ke mansion, Marta menemukan salinan lengkap laporan toksikologi di simpanan ganja Fran. Dia memberikannya kepada Blanc tanpa membacanya sendiri. Sesaat Marta akan mengaku ke keluarga Halan, Blanc menyela Marta sebelum dia akan mengaku. 

Kemudian diketahui bahwa Ransom lah yang menukar isi botol obat Harlan dan mencuri obat penawarnya sehingga jika Marta yang membunuh Harlan maka Marta tidak akan memenuhi syarat untuk mengklaim warisan. 

Namun sebenarnya Marta benar-benar memberi Harlan obat yang benar, karena tanpa membaca label, Marta secara otomatis mengenali kedua obat tersebut dari kekentalannya, dia hanya mengira dia telah meracuninya setelah membaca labelnya. 

Dan ternyata Ransom lah yang secara anonim menyewa Blanc untuk mengungkap kematian Harlan agar dituduhkan kepada Marta. Saat itu Fran melihat Ransom merusak TKP dan mengirim surat kepada Ransom.

Namun Ransom meneruskan surat itu ke Marta dan membakar kantor pemeriksa medis untuk menghilangkan bukti bahwa dia tidak bersalah. Ransom kemudian membuat Fran overdosis dengan tujuan agar Marta tertangkap dengan mayat Fran. 

Saat interogasi terakhir, Marta menerima telepon dari rumah sakit, Marta memberi tahu Ransom bahwa Fran selamat. Ransom pun mencemooh bahwa dia hanya akan ditangkap karena percobaan pembunuhan Fran. 

Tidak dinyana Marta muntah, artinya Marta berbohong karena Fran sebenarnya sudah mati. 

Karena Ransom sadar bahwa dia telah mengaku melakukan pembunuhan, dan tanpa diketahui Wagner merekam percakapan tersebut, Ransom pun menyerang Marta dengan pisau dari koleksi Harlan. Namun ternyata pisau itu adalah pisau palsu untuk keperluan panggung.

Polisi pun segera menangkap Ransom.

No comments:

Post a Comment

Related Posts