Monday, December 19, 2022

Baterai Laptop Kembung

Baterai terbuat dari bahan kimia yang bernama Ion Litium atau Li-ion yang terdiri dari sepasang elektroda dan elektrolit. Elektroda adalah sebuah logam yang dapat bereaksi dengan zat lain untuk menghasilkan listrik. Elektroda merupakan kutub positif dan negatif dari baterai tersebut. 

Litium merupakan logam yang sangat reaktif, bahkan dapat terbakar saat bereaksi dengan udara. Untuk elektrolit sendiri merupakan cairan yang memungkinkan elektron mengalir di antara dua elektroda. Saat baterai Li-ion terisi daya, elektroda menangkap dan menahan elektron, serta melepaskannya saat baterai digunakan.

Sekarang baterai laptop mengalami masalah yang berbeda dengan masalah sebelumnya yaitu Baterai Laptop Drop atau Bocor, kali ini laptop Axioo Mybook 14H mengalami baterai kembung. Baterai kembung, jika kita tidak memperhatikan perawatannya dengan benar.

Baterai kembung disebabkan oleh sel baterai yang kelebihan muatan yang disebabkan karena kesalahan produksi atau umur baterai. Namun baterai kembung juga bisa karena kesalahan pemakaian, misalnya penggunaan baterai yang terlalu dipaksakan dan penggunaan pengisi daya (charger) yang tidak sesuai dengan baterai.

Saat mengisi daya pada baterai, elektroda akan mengikat elektron dan menimbulkan gas. Jika daya yang terisi sudah berlebihan, gas akan diproduksi berlebihan. Selain itu, suhu pada baterai juga akan meningkat sehingga membuat gas-gas yang ada dalam baterai mengembang dan baterai terlihat melembung. 

Muatan yang berlebih menghasilkan gas berlebih, tetapi gas tidak bisa keluar dari baterai. Akhirnya, baterai akan menjadi gembung.

Untuk itu kita perlu merawat baterai dengan baik dan benar agar tidak kembung. Yaitu dengan menjaga agar baterai tetap berada pada rentang 50%-90%. Hal ini dikarenakan baterai akan bekerja secara maksimal pada rentang nilai tersebut. 

Ketika mengisi daya (nge-charge), pastikan daya baterai tidak sampai 0% dan usahakan jangan sampai menyentuh 100% untuk mengurangi potensi baterai menggelembung. 

Oleh karena itu tinggalkan kebiasaan meninggalkan HP di-charge saat tidur.


Sumber :
https://medium.com/elektronhme/baterai-kembung-6466dfc0c1ed#:~:text=Saat%20mengisi%20daya%20pada%20baterai,mengembang%20dan%20baterai%20terlihat%20melembung

No comments:

Post a Comment

Related Posts