Saturday, December 3, 2022

Pengaruh Pipa AC terhadap Kinerja AC

Semoga pemasangan AC baru ini tidak ditemukan Error EC atau error serupa. Cukup menyebalkan rasanya jika mempunyai alat elektronik yang tiba-tiba error atau rusak. Karena itu akhirnya kita memutuskan untuk mengganti AC yang lama.

Berdasarkan informasi dari teknisi AC, ada 2 hal yang akan berubah.

Yang pertama untuk arus listrik akan berubah dari menggunakan colokan 2 ke colokan 3. Hal ini sebenarnya tidak berlaku pada AC saja, namun juga kepada barang elektronik lainnya. Karena colokan kaki tiga pada stecker terdiri dari Phasa, Netral dan Ground. Ground ini akan terhubung ke body AC tadi, sehingga listrik statis akan terbuang ke tanah dan tidak menimbulkan lompatan listrik yang dapat merusak komponen AC.

Kemudian yang kedua adalah pipa AC, dimana yang ideal penggunaan pipa per unit minimal panjang adalah 3 meter atau jarak yang paling baik adalah dalam rentang 3m - 10m. Jika dibawah 3 meter tidak disarankan.

Jika kebutuhan pipa AC dibawah 3m, maka pipa bisa digulung di dekat outdoor, dengan tujuan agar freon tetap bisa bersirkulasi dengan baik.

Pipa AC ini merupakan pipa tembaga penghubung indoor dengan outdoor memiliki fungsi mengalirkan freon, jika jaraknya terlalu pendek maka aliran freon kurang lancar sehingga mengakibatkan sirkulasi menjadi kurang baik dan pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja AC saat mendinginkan ruangan.

Pipa AC ini merupakan salah satu komponen penting dalam pemasangan pendingin ruangan karena memiliki fungsi mengatur tekanan dalam refrigerant serta untuk mengatur aliran dari refrigerant ke evaporator.

Pada awalnya, tekanan dalam refrigerant akan diatur melalui sistem. Tekanan yang mulai menurun baru akan melewati pipa tersebut. Buahnya, penurunan tekanan mengakibatkan suhu menjadi lebih dingin. Tekanan dalam refrigerant harus stabil. Tidak boleh terlalu rendah, atau pun terlalu tinggi.

Tekanan yang tinggi mengakibatkan aliran atau sirkulasi tidak lancar. Akibatnya, kinerja mesin pendingin tidak maksimal yaitu ruangan masih akan tetap panas. Sementara bila tekanannya terlalu rendah, sistem dalam mesin AC akan bekerja dua kali lipat. Pada akhirnya, komponen dalam mesin cepat mengalami kerusakan.

Dan tekanan ini dipengaruhi oleh jarak pipa tersebut. 

Sedangkan mengenai AC (Air Conditioner) Split salah satu yang bisa dipilih dengan tipe Low Watt adalah Akari A09E3LWI yang mempunyai besaran 1 PK, dengan daya 710 Watt, yang mempunyai power 9.000 BTU/H.

Kelebihan AC Akari selain low watt dan terjangkau bagi konsumen entri level, juga mempunyai fitur yang melimpah seperti mode operasional, fan speed, swing, timer dan sleep. Termasuk juga fitur Healthy Nano Silver Filter memberikan sirkulasi udara yang lebih bersih dan berkualitas, lalu Turbo Cooling membuat proses pendinginan berlangsung singkat juga cepat, kemudian Plasma Fin memberi perlindungan pada komponen terhadap resiko timbulnya karat, serta 5 Flow memungkinkan AC menghembuskan angin ke segala arah.

Dengan 5 flow ini memungkinkan angin dari AC ini mampu menyebar dari kiri ke kanan, bawah ke atas, serta ke bagian depan. Alhasil, suhu dingin dari AC dapat menyebar lebih merata ke seluruh ruangan dengan lebih cepat.


Sumber :

https://id.quora.com/Mengapa-steker-AC-selalu-berkaki-tiga-Mengapa-tidak-berkaki-dua-seperti-steker-barang-elektronik-umumnya

https://www.selka.id/news/article/berapa-panjang-atau-jarak-pipa-ac-yang-ideal/233

https://www.centrayasa.com/index.php/2021/02/02/pahami-inilah-panjang-ideal-untuk-pasang-pipa-ac-per-unit/

https://sabiru.com/kelebihan-dan-kekurangan-ac-akari/

https://my-best.id/55935

No comments:

Post a Comment

Related Posts