Sunday, December 18, 2022

Tongkat Estafet Maradona ke Messi

Akhirnya Lionel Messi mengikuti jejak Diego Maradona yang tidak hanya menjadi pemain terbaik di timnas Argentina, namun juga menjadi legenda sebagai pemain sepak bola terhebat di masanya. Maradona berhasil meraih jaura Piala Dunia pada tahun 1986, dan 36 tahun kemudian Lionel Messi memenangkan trofi Piala Dunia Qatar tahun 2022. 

Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti. Sehingga sudah tidak ada lagi pertanyaan siapa yang terbaik, Maradona atau Messi, karena sebelumnya banyak orang yang mengatakan Messi belum pernah memenangkan Piala Dunia. 

Banyak orang meyakini bahwa Messi merupakan titisan Maradona, bahkan gaya bermain keduanya memang hampir menyerupai satu sama lain. Sejak kecil, Messi selalu menyaksikan aksi Maradona. 

Laga final Piala Dunia menjadi akhir dari perjalanan karier Lionel Messi, La Pulga menyatakan bakal gantung sepatu alias pensiun. Messi sebagai kapten benar-benar melanjutkan tongkat estafet kejayaan sang legenda besar Maradona.

Piala Dunia 2022 di Qatar juga menghadirkan banyak kejutan. Dimulai dari laga pembuka penyisihan Grup C Piala Dunia 2022, dimana Arab Saudi mampu mengalahkan Argentina dengan skor 2-1.  Kejutan berikutnya di Grup E saat Jepang mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. Lalu di Grup F, Maroko mengalahkan Belgia dengan skor 2-0. Dan kemudian Korea Selatan mengalahkan Portugal dengan Skor 2-1 

Di babak 16 besar, Maroko membuat kejutan lagi dengan mengalahkan Spanyol dengan kiper Yassine Bounou menjadi pahlawan menggagalkan tendangan dari pemain Spanyol saat adu penalti. Maroko kembali membuat kejutan saat babak perempat final dengan mengalahkan tim Cristiano Ronaldo dari Portugal.

Kembali ke Lionel Messi, akhirnya selain meraih piala sebagai juara Piala Dunia, Messi juga meraih golden ball yaitu gelar sebagai pemain terbaik. Prancis selain meraih juara 2 juga dan Mbappe mencetak hatrick sehingga berhasil menjadi top scorer dan mendapatkan Golden Boat.

Berikut daftar lengkap pemenang penghargaan di Piala Dunia 2022

  1. Golden Ball: Lionel Messi (Argentina)
  2. Silver Ball: Kylian Mbappe (Prancis)
  3. Bronze Ball: Luka Modric (Kroasia)

  1. Golden Boot: Kylian Mbappe (Prancis)
  2. Silver Boot: Lionel Messi (Argentina)
  3. Bronze Boot: Olivier Giroud (Prancis)

  • Golden Glove: Emiliano Martinez (Argentina)
  • FIFA Young Player Award: Enzo Fernandez (Argentina)
  • FIFA Fair Play Trophy: Inggris

Lengkap sudah piala dari Messi, dimana sebelum ini Argentina menjuarai Copa America 2021 dengan menang 1-0 atas Brasil di final. Setelah itu, Argentina berhadapan dengan Italia, selaku juara Euro 2020, di Finalissima 2022. Messi dan kawan-kawan menang 3-0 serta kembali meraih trofi juara.


Sumber :

https://www.liputan6.com/citizen6/read/5155977/perbandingan-rekor-dua-legenda-argentina-lionel-messi-dan-diego-maradona

https://www.goal.com/id/berita/messi-argentina-prancis-juara-piala-dunia-2022/bltad6788de0dc3a8f7

https://jogja.tribunnews.com/2022/12/16/final-piala-dunia-2022-argentina-vs-prancis-lionel-messi-dkk-lebih-diunggulkan.

https://www.bola.net/spanyol/menelusuri-hubungan-lionel-messi-dengan-diego-maradona-d55aa8.html

https://rm.id/baca-berita/zona-sport/153501/piala-dunia-2022-prancis-vs-argentina-ini-5-hal-yang-bakal-mengubah-sejarah

https://www.sportstars.id/read/kejutan-di-piala-dunia-2022-timnas-maroko-banjir-pujian-34Aj3L?page=4

https://www.detik.com/sumut/sepakbola/d-6468856/ini-daftar-penerima-penghargaan-piala-dunia-2022-messi-pemain-terbaik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts