Thursday, February 1, 2024

Disease X

Banyak penyakit, yang sudah diketahui maupun yang kurang dikenal menimbulkan ancaman global, hal ini disebut dengan Disease X. Covid-19 adalah Disease X yang pertama. Dan dimungkinkan akan muncul Disease X lain di masa depan.

Penyakit serupa sebelumnya, adalah pandemi flu pada 1918 hingga 1919 yang menewaskan sedikitnya 50 juta orang di seluruh dunia, dua kali lebih banyak dari jumlah korban tewas dalam Perang Dunia I. 

Termasuk Disease X adalah yang bersifat zoonosis, seperti Ebola.

Lalu apa definisi Disease X, dan apa penyebabnya?.


Istilah Disease X diciptakan pada tahun 2017, dan WHO sendiri telah menggunakan istilah Disease X untuk penyakit-penyakit yang tak diketahui sejak tahun 2018.

Disease X adalah label yang digunakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk merujuk pada suatu kondisi menular yang saat ini tidak diketahui yang mampu menyebabkan epidemi atau jika menyebar ke beberapa negara akan menjadi pandemi. 

Di sisi satu sisi hal ini dapat menimbulkan kepanikan, namun hal lain ini peringatan bagi kita untuk mengantisipasi hal tersebut.


Saat ini Indonesia telah siap dengan ancaman disease X, yaitu penyakit hipotetikal yang belum diketahui secara jelas patogennya, dimana Indonesia termasuk negara yang rentan terhadap disease X. Karena selama pandemi kemarin Indonesia telah membangun jaringan surveilans yang baru.


Disease X, bisa menyerang kapan saja, karena ada jutaan virus yang belum ditemukan dan bisa 20 kali lebih mematikan dibandingkan virus corona, yang menyebabkan 2,5 juta kematian. Karena itu, dunia perlu menciptakan vaksin lebih lanjut.

Patogen Disease X yang dimungkinkan menjadi pandemi selanjutnya disebabkan oleh agen seperti virus, bakteri, atau jamur.


Selain itu, climate change atau perubahan iklim juga menjadi penyebab sekaligus dampak bagi kesehatan mental masyarakat dunia. Perubahan iklim secara signifikan meningkatkan risiko terhadap kesehatan mental dan kondisi psikososial masyarakat. Mulai dari tekanan emosional, kecemasan, depresi, kesedihan, hingga kecenderungan untuk bunuh diri. 

WHO menyampaikan dampak kesehatan mental dari perubahan iklim, bergantung pada faktor-faktor seperti status sosial ekonomi, jenis kelamin dan usia. Kendati demikian, mereka menggarisbawahi perubahan iklim memengaruhi banyak faktor penentu sosial, yang telah menyebabkan peningkatan beban kesehatan mental secara global. 


Perubahan iklim menjadi faktor yang menyulitkan, apalagi jika virus mematikan muncul saat mencairnya lapisan tanah beku setelah ribuan tahun. Virus-virus zombie yang terkunci dalam permafrost atau lanskap beku lainnya selama berabad-abad, tetapi dilepaskan oleh perubahan iklim yang memanas.

Resiko limpahan meningkat dengan limpasan dari pencairan gletser, proksi untuk perubahan iklim. Jika perubahan iklim juga menggeser rentang spesies dari perantara virus dan wadahnya ke utara, Arktik Tinggi bisa menjadi lahan subur bagi pandemi yang muncul.

Perubahan iklim juga memicu perpindahan habitat hewan liar ke daerah dengan populasi manusia yang besar yang berisiko menyebarkan virus.

Perubahan iklim hingga perubahan ekosistem yang memicu mutasi genetik mikroba yang lebih resisten. Akibatnya, penyakit baru sulit untuk diprediksi namun bisa tumbuh signifikan, karena manusia mungkin hanya memiliki sedikit kekebalan terhadap penyakit ini atau tidak sama sekali.


Disease X berikutnya yang menjadi penyakit yang berada di bawah pengawasan WHO, diantaranya adalah:.

  1. demam berdarah Krimea-Kongo
  2. virus Ebola dan Marburg
  3. demam Lassa
  4. MERS-CoV dan SARS
  5. penyakit nipah dan henipaviral
  6. demam Rift Valley
  7. virus Zika.


Sumber :

https://www.kompas.com/sains/read/2024/01/19/200000423/jadi-perhatian-who-apa-itu-disease-x-.

https://isafetymagazine.com/indonesia-diklaim-siap-hadapi-ancaman-disease-x/#:~:text=Disease%20X%20adalah%20istilah%20yang,Organization%20(WHO)%20sejak%202018.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230926092140-255-1003739/ahli-peringatkan-pandemi-disease-x-disebut-lebih-mematikan-dari-covid.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230527145502-255-954746/disebut-bisa-picu-pandemi-yang-lebih-fatal-apa-itu-disease-x.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/06/160500123/who-sebut-perubahan-iklim-sebabkan-masalah-kesehatan-mental?page=all.

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5319363/10-fakta-disease-x-yang-diprediksi-jadi-pandemi-seperti-covid-19.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/06/06/disease-x-pandemi-berikutnya

https://www.ketiknews.id/news/3018925113/dampak-perubahan-iklim-global-pemerintah-mitigasi-adanya-fenomena-penyakit-disease-x

https://sains.sindonews.com/read/289638/768/disease-x-jadi-ancaman-selanjutnya-warga-bumi-cek-faktanya-di-sini-1609747281

https://www.antaranews.com/berita/3873183/mengidentifikasi-aneka-penyakit-baru-di-2023

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6365814/ilmuwan-sebut-cairnya-es-di-kutub-bisa-sebabkan-pandemi-ini-alasannya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts