Wednesday, February 14, 2024

Melesat atau Meleset

Pesta demokrasi Indonesia 2024 telah usai setelah seluruh rakyat Indonesia menunaikan pencoblosan dalam rangka Pemilu pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024. Semoga setelah helatan ini usai, tidak akan memicu perasaan emosi negatif yang merugikan, namun semoga hal ini memacu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan positif.

Akankah pemilu 2024 ini akan melahirkan gerbong kemajuan atau menjadi gerbang perubahan?. Tapi apapun itu, bagi pihak yang mengusung keberlanjutan, atau yang mengusung perbaikan, atau pun yang mengusung perubahan akan membawa Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Yaitu menjadikan Indonesia melesat.

Mulai dari sektor pariwisata, dimana sektor pariwisata di masa pandemi sempat terpuruk. Oleh karenanya diperlukan dukungan pemerintah untuk mendorong percepatan pemulihan industri pariwisata nasional sehingga bisa melesat.

Dalam bidang ekonomi, di tengah ketidakpastian global, persepsi terhadap kinerja Indonesia di pasar keuangan membaik. Kendati outlook global melambat, Indonesia diprediksi termasuk salah satu negara yang masih mampu tumbuh kuat di tahun 2023. IMF memproyeksi Indonesia tumbuh di angka 5,0%.

Tahun 2024 merupakan tahun yang memberikan harapan sekaligus tantangan bagaimana perekonomian Indonesia mampu melesat lebih cepat dari segi pertumbuhan dan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan rakyat. 

Indonesia memiliki tantangan besar untuk menuju Indonesia Emas 2045 mendatang. Untuk naik menjadi ekonomi maju dalam dengan waktu tersisa 20 tahun mendatang rasanya tidak bisa diraih tanpa dukungan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Kunci keberhasilan Indonesia mencapai Indonesia emas 2045, lepas dari middle income trap dan menjadi ekonomi 5 terbesar, adalah sektor industri.

Terlebih setelah Pemilu 2024 ini berlangsung, karena banyak para ahli ekonomi memprediksi bahwasanya Pemilu 2024 akan menjadi Momentum Pertumbuhan Ekonomi. Secara historis kegiatan pemilu itu berdampak terhadap peningkatan ekonomi lewat pembelian barang dan jasa biasanya lebih tinggi.

Semoga saja.

Semoga Indonesia ke depan akan melesat, dan tidak meleset dari target.


Sumber :

https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/kian-melesat-di-2023-pariwisata-indonesia-bersiap-menuju-level-prapandemi

https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/prospek-cerah-perekonomian-indonesia-2023

https://news.detik.com/kolom/d-7112552/proyeksi-perekonomian-indonesia-2024.

https://bisnistoday.co.id/ekonomi-harus-melesat-untuk-capai-indonesia-emas/

https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-7170519/bi-jabar-pemilu-2024-jadi-momentum-pertumbuhan-ekonomi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts