Monday, February 12, 2024

Gerbong Percepatan Kemajuan vs Gerbang Perubahan

Berkaca pada sejarah sebelumnya, bahwasanya saat Jokowi memenangkan pemilu dan menjadi Gubernur DKI, hal tersebut ternyata menjadi gerbang Jokowi untuk menjadi presiden Republik Indonesia beberapa tahun kemudian.

Momen inilah yang dipetik oleh para petinggi partai politik, yaitu untuk memenangkan pemilu Presiden berikutnya maka gerbang yang harus dilalui oleh gerbong adalah pemilihan gubernur di DKI Jakarta. 

Tidak seperti pilpres 2019 lalu yang hanya diikuti oleh 2 pasangan calon, pilpres 2024 diikuti oleh 3 pasangan calon. Ada yang mengusung keberlanjutan, ada yang mengusung perbaikan, dan ada yang mengusung perubahan.

Pemilihan umum atau disingkat Pemilu adalah proses pemilihan untuk memilih sebagian besar atau seluruh anggota suatu badan terpilih badan legislatif dan presiden yang dipilih secara langsung oleh masyarakat.

Pemilu merupakan salah satu usaha untuk memengaruhi rakyat secara persuasif atau tidak memaksa dengan melakukan kegiatan retorika, hubungan publik, komunikasi massa, lobi dan kegiatan lain-lain. Dalam kampanye pemilihan umum, teknik agitasi dan teknik propaganda banyak dipakai oleh para kandidat atau politikus selaku komunikator politik.

Asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber dan jurdil) adalah suatu keniscayaan dalam pilpres yang bersih dan demokratis. Sangat wajar dan alami jika rakyat berharap bahwa kandidat presiden yang dipilihnya itu akan jujur dan amanah, tidak culas, dan tidak suka melabrak aturan hukum serta melanggar etika.

Akankah pemilu 2024 ini akan melahirkan gerbong kemajuan yang lebih pesat melesat. Hal ini bisa terjadi karena pemimpin sebagai lokomotif adalah penggerak, yang menggerakkan gerbong-gerbongnya. Pemimpin menjadi pemain kunci dalam kemajuan tim, yang membawa tim menuju tujuan yang hendak dicapai, menuju mimpi yang ingin digapai sejak awal.

Pemimpin diharapkan memimpin gerbong kemajuan harus punya kelebihan, cermat membaca pertanda dan piawai mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat.

Akankah pemilu 2024 ini akan menjadi gerbang perubahan. Dimana pemimpin nanti adalah yang lebih kreatif, inovatif dan membuat perubahan yang signifikan. Pemimpin baru yang membawa solusi baru sehingga mampu menyelesaikan masalah dengan tuntas.

Pemimpin perubahan dituntut mampu menguasai masalah dan mengetahui problematika organisasi ini merupakan bekal seorang pemimpin untuk mampu menganalisa serta memetakan masalah sehingga mampu melakukan perubahan dalam rangka pemecahan masalah tersebut. 

Semoga pilpres 2024 berlalu tidak meyisakan rapuhnya rasa persatuan dan kesatuan. Dan semoga penumpang di dalam gerbong tidak gaduh serta tertib demi persatuan dan kesatuan Indonesia.


Sumber :

http://www.taufanyanuar.com/2016/09/gerbang-gerbong.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemilihan_umum

https://www.kompas.id/baca/opini/2024/02/12/memilih-presiden-ideal

https://medium.com/penacava/menumpang-gerbong-kemajuan-216f3b07a37a

https://www.instagram.com/p/Cvohhb4SSX_/

No comments:

Post a Comment

Related Posts