Wednesday, July 1, 2015

Convert File PDF


Jika sebelumnya aku pernah bingung mengenai Convert File Excel dan kemudian ada suatu situs website yang menjadi solusi dengan men-convert dari / ke excel file, yaitu situs http://www.freefileconvert.com/ dan aku tulis pengalamanku ini di blog dengan judul Convert File Excel.

Nah, kali ini aku sekarang mendapatkan tugas yang harus aku kerjakan yang berkaitan dengan file PDF. Jika menconvert dari Microsoft Word atau Microsoft Excel ke file PDF cukup mudah, terutama jika kita sudah menggunakan Windows 8, karena disana sudah terdapat di tool print atau tool save as ke PDF.

Tapi hasilnya terpisah, terlebih jika dari excel file. Semisal jika kita mempunyai 5 sheet dalam file excel, maka akan terdapat 5 file PDF pula. Padahal kita inginnya hanya terdapat 1 file PDF dengan 5 halaman.

Lalu bagaimana cara menggabungkan file PDF tersebut. Ada salah satu start-up atau situs website yaitu Smallpdf yang dapat dicoba. Situs website tersebut adalah sebagai berikut :

http://smallpdf.com/id/menggabungkan-pdf

Caranya pun sangat mudah dan gampang untuk diikuti, terlebih startup PDF atau smallpdf ini berbasis bahasa Indonesia. Sehingga saat mengabungkan file PDF tidak perlu bingung tanya kesana kemari.

Langkah Menggabungkan PDF
1. Buka situs smallpdf.com
2. Klik Pilih file untuk meng-insert file PDF yang akan digabungkan
3. Setelah itu file PDF akan otomatis terupload di smallpdf.com
4. Periksa lagi apakah urutan PDF sudah sesuai dengan yang diinginkan
5. Jika sudah benar, klik Gabung PDF
6. Tunggu prosesnya sejenak
7. Setelah loading selesai klik Unduh untuk mendownload file PDF yang sudah digabungkan