Thursday, July 9, 2015

World Debt Map


World debt map diatas aku dapatkan dari akun twitter Amazing Maps yaitu @CutPics.

Di urutan teratas ada negara Norwegia, Singapura dan Swiss yang tampil sebagai negara dengan status HIJAU yaitu negara dengan keuangan tersehat di dunia. Negara tercinta kita, Indonesia berada dalam area ORANYE atau JINGGA, yaitu di urutan nomor 36.

Sedangkan dengan yang berada di zona merah diantaranya adalah Irlandia, Italia, Portugal, Spanyol dan yang paling buncit adalah negara yang seminggu terakhir ini menjadi perhatian dunia, khususnya eropa, yaitu negara Yunani.

Di kawasan eropa terdapat sebutan PIGS atau lebih tepatnya PIIGS yaitu akronim dari Portugal, Italy, Ireland, Greece & Spain. Dimana negara Portugal, Italy, Ireland, Greece & Spain ini berada di 10 terbawah dari peringkat world debt map.

Yunani mempunyai hutang USD138 miliar. Kejadian tahun 2015 ini sebenarnya mengulangi kejadian sebelumnya yaitu pada bulan Maret 2012 lalu, Yunani juga tidak bisa membayar utang-utangnya senilai USD138 miliar, atau sekitar Rp1.794 triliun. Namun, Yunani mendapat bantuan dari partnernya di Eropa berupa suntikan dana (bailout). Ini yang menjadi pemicu terjadinya krisis lanjutan di Yunani saat ini. 


Yunani sekarang bukan sekadar mengalami resesi, tapi telah masuk dalam depresi, yaitu dimana ditandai dengan :
  1. Pendapatan domestik bruto telah turun 25 persen dalam enam tahun terakhir. 
  2. Angka pengangguran naik dari 10 persen pada 2010 menjadi 25 persen pada Maret ini. 
  3. Satu dari dua warga berusia 25 tahun tidak memiliki pekerjaan. 
  4. Banyak pebisnis bangkrut. 
  5. Sebanyak 60 perusahaan setiap harinya pada tahun ini yang gulung tikar. 
  6. Banyak bank telah tutup dan pemerintah membatasi jumlah penarikan uang. 

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya bangsa Indonesia mengalami hal serupa, yaitu hutang luar negeri yang besar. Meski hutang Indonesia besar, namun kondisi ekonomi Indonesia dan Yunani memang jauh berbeda. Hal ini tercermin dari rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) kedua negara karena level defisit anggaran yang harus ditutupi dengan utang.

Posisi utang pemerintah pusat hingga Mei 2015 menembus Rp 2.843 triliun. Terdiri dari Rp 2.151 triliun dalam bentuk Surat Berharga Negara (SBN) dan pinjaman senilai Rp 691 triliun. Kalau dibagi jumlah PDB Indonesia yang mencapai Rp 11 ribu triliun, berarti sekira 25 persen rasio utangnya terhadap PDB atau pendapatan negara. Rasio itu masih aman dan teratur.

Dibandingkan dengan rasio utang pemerintah Yunani, dia menjelaskan menembus 170 persen terhadap PDB karena Negeri Para Dewa ini mencatatkan defisit anggaran yang sangat tinggi. Sehingga kunci menjaga rasio utang terhadap PDB adalah menjaga defisit anggaran agar tidak melebar atau sesuai batas aman.

Saat ini Yunani memaksa krediturnya juga ketar ketir, diantara kreditur Yunani adalah Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, IMF, ECB, Belanda, AS, Inggris, Belgia, Austria dan Finlandia.

Di situs web http://www.economist.com/content/global_debt_clock kita juga bisa lihat "The global debt clock" yang sangat menarik, kita bisa melihat aktivitas perbankan di dunia yang sangat aktif, sehingga perubahan angka mirip seperti jam yang selalu berdetak setiap detiknya.

Besarnya jumlah total hutang dari seluruh negara di dunia saat ini yaitu mencapai US$ 40 - 50 triliun, tapi terdapat 5 negara yang bebas dari hutang, yaitu :

1. Macau
Macau merupakan bagian dari China yang menjadi tempat bebas untuk melakukan perjudian, mempunyai pendapatan yang tinggi, yaitu US$45 miliar pada 2013

2. Kepualuan British Virgin
Virgin Islands ini adalah wilayah luar negeri Inggris, dengan populasi 27.800 orang, terletak di lautan Atlantik Utara merupakan negara paling makmur di Karibia. Jika Anda ingin memasuki negara ini, tidak ada visa diperlukan.

3. Brunei Darrusalam
Brunei mempunyai jumlah penduduk 408.786 dengan mayoritas warganya bekerja di ladang minyak, karena produksi gas yang menyumbang 90% dari PDB, itu membuat 167.000 barel minyak per hari. 
Hanya 2% dari lahan Brunei menjadi pertanian.

4. Liechtenstein
Liechtenstein berpenduduk hanya 35.000. Bangsa yang lebih kecil ini meliputi area seluas 62 mil persegi. Terletak di Eropa Tengah di Upper Rhine. Ekonomi yang kuat Liechtenstein adalah mengapa ia memiliki tingkat pengangguran terendah kedua di dunia, dengan rata-rata yang menakjubkan dari hanya 1,5%, dibandingkan dengan 7,3% di AS, Kanada 7%. Memiliki produk domestik bruto tertinggi kedua per orang, datang pada US$3,4 miliar atau US$95.249 per orang. 

5. Palau
Terdiri dari enam kelompok pulau, dengan total lebih dari 300 pulau yang memiliki beberapa snorkeling terbaik. Pulau yang terletak di laut Pasifik Barat. Penduduk adalah 70% Pulaun (Mikronesia dengan Malayan dan pencampuran Melanesia) 15% Filipina, 5% China, dekat dengan 2% putih dan 8% negara Asia lainnya. Dengan populasi hanya 21.000 orang.


Sumber :
http://bisnis.liputan6.com
http://www.economist.com
http://surabaya.bisnis.com