Friday, July 31, 2015

Rule of 3

Rule of Threes - Survival


Saat menyaksikan acara televisi di National Geographic ada acara menarik mengenai survival atau kemampuan manusia bertahan hidup. Terdapat aturan 3, atau rule of three yang berlaku yaitu sebagai berikut :

3 minutes without oxygen
3 days without water
3 weeks without food

Dari referensi lain ada tambahan yaitu

3 minutes without air
3 hours without shelter
3 days without water
3 weeks without food.

Dan ada tambahan lain dari referensi yang lain, yaitu :

3 Minutes Without Air Before Experiencing Brain Damage
3 Hours Exposed to Extreme Elements
3 Days Without Water
3 Weeks Without Food
3 Months Without Hope/ Contact


Survival merupakan improvisasi untuk mempertahankan hidup dalam keadaan darurat. Survival berasal dari kata survive yang berarti mampu mempertahankan diri dari keadaan tertentu.

Udara dan bernafas merupakan hal yang paling penting dan komponen penyokong hidup yang utama. Karena itu diletakkan paling atas dimana kita hanya dapat bertahan hidup 3 menit tanpa udara.

Shelter atau perlindungan yaitu tempat tinggal sementara dalam menghadapi kondisi alam bebas terutama dalam kondisi lingkungan yang ekstrem, misalnya sangat panas atau sangat dingin.

Air merupakan kebutuhan dasar untuk pengaturan suhu tubuh, memperlancar buang air dan mencerna makanan. Manusia terdiri dari 2/3 air, yang berada pada sistem sirkulasi dan bagian dalam
organ tubuh.

Makanan tentunya sangat diperlukan tubuh, karena makanan akan menghasilkan kalori dan tenaga. Selain itu, makanan juga berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh.


Sumber :
http://www.ruleof3survival.com/
http://theparacordsurvivalproject.com/2011/03/the-rule-of-3s/