Thursday, October 22, 2015

Tunnel Boring Machine Bernama Antareja

Antareja punya nama lain yaitu Anantaraja, Raden Hanantareja, Anantareja, Wasianantareja atau Anantarareja adalah tokoh pewayangan asli ciptaan para pujangga Jawa yaitu merupakan putra sulung Wrekodara atau Bimasena dengan Dewi Nagagini dari keluarga Pandawa. Antareja berkedudukan di kasatriyan Randuwatang atau juga disebut jangkarbumi.

Versi Surakarta, Antareja merupakan nama lain dari Antasena
Versi Yogyakarta Antasena sebagai adik lain ibu Antareja, selain Gatutkaca.

Tapi artikel ini tidak membahas Antareja versi wayang. Melainkan Antareja yang merupakan mesin bor bawah tanah atau Tunnel Boring Machine (TBM) untuk proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang disupport oleh Japan Tunnel Systems Corporation (JTSC), yang merupakan proyek kontraktor SOW Joint Venture yang terdiri dari Shimizu, Obayashi, Wijaya Karya, dan Jaya Konstruksi.


sumber foto : www.beritapontianak.xyz

Antareja memiliki diameter sekitar 6,7 meter, panjang 43 meter, berat 323 ton dan kecepatan pengeboran  8 meter per hari dengan menggunakan teknologi berbasis Earth Pressure Balance (EPB) yang pertama kali digunakan di Indonesia.

Pengerjaan terowongan bawah tanah MRT akan berlangsung selama 1 tahun lebih mulai dari September 2015 hingga Desember 2016. Proyek MRT Jakarta koridor Selatan-Utara Fase 1 (Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia).


Sumber ;
https://id.wikipedia.org/wiki/Antareja
https://wayang.wordpress.com/2010/07/22/raden-antareja-anantareja/
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150921112223-78-79982/mengenal-antareja-bor-raksasa-asal-jepang-andalan-proyek-mrt/
http://economy.okezone.com/read/2015/09/21/320/1217944/kelebihan-mesin-bor-mrt-bernama-antareja

No comments:

Post a Comment

Related Posts