Saturday, October 10, 2015

Practice Makes Perfect

10.000 Jam

Sebelum membahas hal yang inti, ada baiknya kita melakukan "pemanasan" kata, kata apa yang tepat untuk practise? Praktek atau praktik?

Penyesuaian akhiran –ic dalam bahasa Inggris atau -isch dalam bahasa Belanda menjadi –ik dalam bahasa Indonesia. Praktik adalah serapan yang tepat, sehingga kata yang tepat adalah kerja praktik, malpraktik, dan praktik dokter. Dari kata praktik, diturunkan kata praktikan (orang yang sedang melakukan praktik) dan praktikum (kegiatan yang terkait dengan praktik atau percobaan).

Bahkan dalam kamus besar bahasa Indonesi pun yang diketemukan adalah praktik.
praktik/prak·tik/ n 1 pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori: teorinya mudah, tetapi -- nya sukar; 2 pelaksanaan pekerjaan (tentang dokter, pengacara, dan sebagainya): -- dokter dibuka mulai pukul 15.00; 3 perbuatan menerapkan teori (keyakinan dan sebagainya); pelaksanaan: aturan itu menemui kesukaran dalam -- nya;
Sudah cukup pemanasannya. Kita sekarang memasuki pembahasan inti.

“Practice makes perfect” mempunyai makna bahwasanya semakin banyak anda berlatih, semakin besar pula rasa percaya diri kita karena semakin sempurnanya keahlian / skill kita, karena semakin baiknya pengetahuan / knowledge.

Terdapat teori bahwa agar seseorang menjadi ahli dan pakar dalam bidang tertentu (Mastery in a Field), maka orang tersebut harus bergelut dan menekuni bidangnya tersebut hingga 10.000 jam lamanya.

Adalah Malcolm Gladwell yang menjelaskan dalam bukunya Outliers, yang mengatakan bahwa kesuksesan adalah rangkaian dari latihan dan praktik berkesinambungan selama 10.000 jam akan menjadikan Anda seorang ahli dalam bidangnya.

Itu artinya kita harus menekuni bidang tersebut dengan profesional selama 40 jam seminggu dan pada tahun kelima kita akan mencapai 10.000 jam.

Yang menjadi contoh tokoh sukses dunia yang telah melewati 10.000 jam dengan tekun adalah The Beatles, Bill Gates dan Mozart. Mereka adalah para outlier yang telah membuktikan kaidah 10.000 jam.

Untuk itu agar kita dapat meniru kesuksesan mereka yaitu dengan menjadi master di bidang kita maka yang perlu kita lakukan adalah massive action dan berlatih selama 10.000 jam dengan penuh komitmen.

Perhitungan selebihnya adalah tinggal seberapa besar keinginan dan seberapa lama kita ingin menyelesaikan 10.000 jam tersebut, kurang dari 5 tahun atau lebih dari 10 tahun hal tersebut adalah keputusan pribadi masing-masing.


Sumber :
www.10khrs.co
http://kbbi.web.id/praktik
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120606155718AAToGFz
https://fathulwahid.wordpress.com/2009/11/30/praktek-atau-praktik-apotek-atau-apotik/
http://ikhtisar.com/praktek-10000-jam-malcolm-gladwell/
https://cosmasdedykurniawan.wordpress.com/2010/06/23/kaidah-10000-jam/
http://ariefjatnika.com/hukum-10000-jam/