Friday, October 30, 2015

Dehydration Urine Color Chart

Manusia terdiri dari sebagian besar dari air, untuk itu keseimbangan air dari diri manusia harus dijaga, air yang keluar melalui keringat ataupun urin harus segera tergantikan dengan asupan air minum ataupun air dari buah.

Jika asupan air dalam tubuh kurang maka dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, terutama ginjal, karena hubungan air dan ginjal memang sangat erat. Sehingga sangat dianjurkan minum minimal 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Jumlah ini sebenarnya masih diperdebatkan. Sehingga bingung juga pada akhirnya.

Terutama bagi penderita hyperhidrosis.

Jika kita kurang bisa mengontrol input dikarenakan beragamnya proses, maka yang bisa kita pantau adalah output. Maksudnya jika kesusahan dalam mengendalikan air minum yang masuk dikarenakan aktivitas kita yang kadang biasa, kadang keras, maka yang bisa kita pantau adalah urin kita.

Dehydration Urine Color Chart

Kita dapat memantau warna urin kita lalu dicocokkan dengan Dehydration Urine Color Chart. Dengan tabel tersebut kita bisa memantau dan mendeteksi tingkat hidrasi tubuh kita. Dimana dalam Dehydration Urine Color Chart tersebut terdapat 5 warna.
  1. Jika warna urine kita adalah warna bening seperti pada tabel 1, maka artinya kebutuhan air minum kita sudah tercukupi dan secara tidak langsung dapat dinyatakan bahwa kita sehat.
  2. Jika warna urine kita kuning bening, artinya air yang kita minum juga cukup, namun akan lebih baik jika segera minum 1/2 gelas air.
  3. Jika warna urine berwarna kuning, artinya kita butuh asupan air minum, segera minum 1 gelas air minum
  4. Jika warna urine kita kuning pekat, artinya kita mengalami dehidrasi, maka segeralah minum 2 gelas air
  5. Jika warna urine kita kuning sangat pekat cenderung coklat, kita mengalami dehridasi sekali, maka segeralah minum 4 gelas air
Jadi sudah minum air?


Sumber :
www.urinecolors.com
http://9trendingtopic.blogspot.com/2015/08/waspada-kenali-warna-urine-si-kecil.html