Wednesday, November 8, 2017

Daylight Saving Time

Sewaktu menyusun Skype meeting dengan orang di Miami, Amerika ternyata ada selisih 1 jam dibandingkan saat meeting yang diadakan sebelumnya. Yaitu jika sebelumnya waktu di Amerika selisih 13 jam dibandingkan dengan WIB, sekarang ini ternyata selisih 12 jam.

Bergeser 1 jam. Ada yang janggal. Setelah dilihat ternyata ada istilah Daylight Saving Time. Apa itu Daylight Saving Time?

Daylight Saving Time (DST) atau Waktu Musim Panas, adalah sistem yang dimaksudkan untuk "menyimpan cahaya siang hari" di musim panas. Waktu resmi dimajukan (biasanya) satu jam lebih awal dari zona waktu standar dan diberlakukan selama musim semi dan musim panas. Implementasi dengan memajukan 1 jam pada bulan-bulan summer, dimana pada bulan tersebut ini day time lebih panjang dari night time.

Tujuannya adalah agar kegiatan kerja dan sekolah dimulai dan selesai lebih awal, sehingga ketika warga selesai berkegiatan, masih banyak waktu untuk menikmati siang hari yang terang.

Perubahan yang terasa adalah mulai dari saat bangun pagi,  misalnya pada pukul 6 pagi dan pada waktu tersebut langit masih gelap, sehingga dengan dimajukan 1 jam, maka dengan bangun pada waktu yang sama, anda akan melihat bahwa langit menjadi lebih terang.

Begitu juga saat pada sore hari, yaitu dengan Daylight Saving Time maka dapat menyesuaikan jam ketika hari masih terang dengan jam kegiatan kerja dan sekolah.


Sumber :https://time.is/id/Miami
https://id.wikipedia.org/wiki/Waktu_Musim_Panas
https://achmadjournal.com/2010/04/04/apa-itu-daylight-savings-time/
https://threeas.wordpress.com/2010/10/31/apa-itu-daylight-saving-time-atau-summer-time/