Sunday, July 7, 2019

Pace

Pace atau tempo adalah istilah kecepatan dalam lari yang dinyatakan dalam berapa menit yang dihabiskan untuk menjangkau jarak 1 km. Misal 5 menit per km setara dengan 12 km/jam (menghitung kecepatan perjam dari pace = 60 menit/pace).

Konsistensi lari lebih baik daripada pace yang variatif dan berubah-rubah, lebih baik kita lakukan langkah demi langkah semakin cepat secara bertempo dan berkala dengan jadwal yang teratur.

Dalam pace dibagi menjadi 3, yaitu easy pace, medium pace dan hard pace. Pengertian dari ketiga definisi tersebut adalah sebagai berikut :

Easy pace yaitu saat kita berlari dengan santai, rasanya nyaman, napas rasanya ringan, lalu bisa juga bicara atau ngobrol dengan cukup nyaman.

Medium pace butuh usaha lebih, napas juga lebih cepat ritmenya, bicara rasanya lebih sulit hanya bisa sedikit sedikit, tapi walaupun terasa lebih berat pace ini masih bisa dipertahankan dalam waktu cukup lama.

Hard pace, butuh usaha maksimal, napas berat, kaki capek, bicara sudah impossible, dan nggak bisa bertahan lama lari di pace ini.

Naikkan lah pace secara bertahap, misal pace dalam latihan lari 5 km, sebagai berikut :

41 menit (pace : 8.2)
39 menit (pace : 7.8)
37 menit (pace : 7.4)
33 menit (pace : 6.6)


Sumber :
http://panduanpelari.web.id/panduan/istilah.htm
https://pelarirocknroll.id/mengenal-pace-dalam-lari/
https://kumparan.com/know-everything/tips-agar-bisa-mengembangkan-pace-saat-berlari

No comments:

Post a Comment

Related Posts