Monday, February 7, 2022

Extreme Poverty

Menurut Bank Dunia, lebih dari 850 juta orang China telah diangkat dari extreme poverty atau kemiskinan ekstrem; Tingkat kemiskinan China turun dari 88 persen pada tahun 1981 menjadi 0,7 persen pada tahun 2015, yang diukur dengan persentase orang yang hidup setara dengan US$1,90 atau kurang per hari pada persyaratan paritas harga pembelian tahun 2011.

Definisi kemiskinan ekstrem di China lebih ketat daripada definisi Bank Dunia, dan didefinisikan sebagai penghasilan kurang dari $2,30 per hari pada paritas daya beli (PPP). 


Berdasarkan angka-angka standar dari World Bank atau Bank Dunia di atas, diketahui bahwa pada tahun 1990 ada lebih dari 750 juta orang di Cina yang hidup di bawah garis kemiskinan internasional - sekitar dua pertiga dari populasi.

Pada tahun 2012, jumlah tersebut turun menjadi kurang dari 90 juta, dan pada tahun 2016 - tahun terakhir di mana angka-angka Bank Dunia tersedia - telah turun menjadi 7,2 juta orang (0,5% dari populasi).

Bagaimana China menjadi 'keajaiban ekonomi' dunia?

Pengurangan kemiskinan yang cepat di China berjalan seiring dengan periode pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Sebagian besar fokus telah di daerah pedesaan termiskin. Pemerintah telah merelokasi jutaan orang dari desa-desa terpencil ke kompleks apartemen. 

Orang-orang China juga terkenal dengan pekerja yang bekerja dengan sangat keras, mengangkat diri mereka dari kemiskinan.

Keberhasilan pengurangan kemiskinan China sejak tahun 1980 ini merupakan kisah pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Dekade pertama reformasi melihat peningkatan pendapatan yang cepat di bidang pertanian, karena Cina menghilangkan beberapa distorsi terbesar di era Mao. Pada dekade kedua, industri mengambil peran utama, baik di perkotaan maupun pedesaan, seiring dengan meluas dan mendalamnya reformasi. 

Selama dekade ketiga, dinamika wilayah pesisir berorientasi ekspor Tiongkok menyebar lebih jauh ke pedalaman, karena migrasi ke pusat kota dipercepat, investasi infrastruktur Western Development Strategy (Strategi Pembangunan Barat) berlipat ganda, dan proporsi wilayah Tiongkok yang tumbuh secara ekonomi terintegrasi ke dalam rantai nilai global. 


Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Poverty_in_China

https://www.bbc.com/news/56213271

https://www.brookings.edu/blog/future-development/2021/09/24/whats-next-for-poverty-reduction-policies-in-china/

No comments:

Post a Comment

Related Posts